Kemampuan Sri Mulyani Tak Diragukan Lagi, tapi … – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Nasional

Kemampuan Sri Mulyani Tak Diragukan Lagi, tapi …

Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo. Foto: dokumen JPNN.Com

Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo. Foto: dokumen JPNN.Com

KENDARIPOS,CO.ID,JAKARTA – Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo langsung bersuara keras atas keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Sri Mulyani Indrawati (SMI) sebagai menteri keuangan. Bamsoet -sapaannya- mengatakan, kembalinya SMI bisa memunculkan kegaduhan baru dalam kasus skandal Bank Century.

Menurut Bamsoet, pilihan Presiden Jokowi merombak kabinet tentu harus dihormati. Apalagi semangatnya adalah membuat kabinet semakin solid sehingga pembangunan berjalan dan rakyat langsung merasakan manfaatnya .

“Semua pihak harus menghormati pilihan presiden dalam menggunakan hak prerogatifnya. Reshuffle kedua untuk Kabinet Kerja ini mencerminkan kerja keras presiden untuk dua target yang sangat strategis,” ujar Bamsoet, Rabu (27/7) malam.

Politikus Golkar yang dikenal vokal itu menambahkan, kapabilitas Sri Mulyani memang tak perlu diragukan. Hanya saja, kata Bamsoet, sosok SMI tak bisa dilepaskan dari kasus Bank Century.

Bamsoet menegaskan, proses hukum kasus Bank Century hingga kini masih berjalan. Terutama karena terkait dengan dakwaan atas Budi Mulya, mantan deputi gubernur Bank Indonesia  yang kini sudah menjadi  narapidana di Lapas Sukamiskin.

Berdasarkan putusan MA, Budi dinyatakan terbukti bersalah karena korupsi dalam pemberian fasilitas pendanaan jangka pendek (FPJP) untuk Bank Century dan penetapan bank hasil merger itu sebagai bank gagal berdampak sistemik. Dalam putusan kasasi, MAhkamah Agung (MA) menghukum Budi dengan penjara selama 15 tahun.

“ Konsekuensi putusan MA itu mewajibkan Komisi Pemberantasan Korupsi untuk melanjutkan proses hukum mega-skandal ini.  Sebab, dalam dakwaan kepada Budi Mulya, disebutkan juga sejumlah  nama yang patut dimintai pertanggungjawaban mereka,” sambung Bamsoet.

Ia menambahkan bahwa dalam proses penyelamatan Bank Century pada 2008, posisi SMI adalah menteri keuangan merangkap ketua Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK). SMI diketahui berkomunikasi dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui tiga dokumen.

“Jika KPK melanjutkan proses hukum kasus Century, bukan tidak mungkin KPK pun harus memanggil dan mendengarkan kesaksian Sri Mulyani lagi. Kemungkinan itulah yang akan menyulut kegaduhan,” kata Bamsoet.

Meski demikian Bamsoet masih berharap agar proses hukum kasus Century tidak memunculkan kegaduhan lagi. “Kalau hal itu akhirnya terjadi, semoga saja tidak mengganggu ritme Kabinet Kerja,” harapnya.(ara/jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top