Ini Negara-Negara Pencetak Manusia Tertinggi di Dunia – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Ini Negara-Negara Pencetak Manusia Tertinggi di Dunia

Ini Negara-Negara Pencetak Manusia Tertinggi di Dunia. FOTO:BBC

Ini Negara-Negara Pencetak Manusia Tertinggi di Dunia. FOTO:BBC

kendaripos.fajar.co.id,LONDON—Kaum hawa Korea Selatan (Korsel) dan kaum adam Iran menjadi kelompok masyarakat dengan perbaikan gizi terbaik. Salah satu indikasinya, tinggi badan mereka naik signifikan selama satu abad terakhir.

Kendati demikian, perempuan Korsel tetap tidak bisa mengungguli tinggi badan perempuan Latvia. Dan, pria Iran tetap lebih pendek jika dibandingkan dengan pria Belanda. Demikian hasil riset Imperial College London kemarin (27/7/2016).

’’Dulu (negara-negara) Skandinavia dan Amerika Serikat (AS) dikenal sebagai produsen orang-orang tinggi. Kini reputasi mereka digantikan oleh Belanda, Belgia, Estonia, dan Latvia,’’ terang para ilmuwan kampus dalam pernyataan tertulis mereka. Dalam penelitian itu, para periset membandingkan data dari 200 negara dan teritori di seluruh dunia.

Data yang menjadi bahan studi di kampus yang didirikan Kerajaan Inggris pada 1907 itu sudah berumur satu abad. Sebab, data yang diteliti berasal dari 1914 sampai 2014.

’’Yang kami bandingkan adalah tinggi badan pemuda-pemudi berusia 18 tahun dari sekitar 200 negara dan teritori,’’ kata Majid Ezzati, ilmuwan senior Imperial’s School of Public Health yang memimpin riset tersebut.

Hasil studi menyimpulkan bahwa faktor gizi dan lingkungan berpengaruh besar pada pertumbuhan badan. Tapi, menurut Ezzati, faktor genetika juga punya andil.

Kali ini, Latvia menyabet rekor sebagai negara penghasil perempuan tertinggi di dunia. Di negara tersebut, tinggi rata-rata kaum hawanya mencapai 170 sentimeter. Peringkat kedua dan ketiga ditempati Belanda dan Estonia.

Untuk kategori laki-laki, Belanda sukses mencetak generasi pemuda tertinggi di dunia. Tinggi rata-rata pria Belanda sekitar 182,5 sentimeter. ’’Kesehatan, sanitasi, dan gizi yang baik menjadi faktor terpenting untuk mencetak generasi muda dengan postur tubuh lebih baik. Khususnya tinggi,’’ papar Ezzati. Dia menambahkan, kesehatan ibu dan nutrisi pada masa hamil juga berperan penting.

Hasil riset yang disebarluaskan dalam jurnal eLife bertajuk  A Century of Trends in Adult Human Height itu menyebutkan bahwa tinggi badan berkaitan erat dengan angka harapan hidup.

Kecuali di dua negara itu, pertumbuhan tinggi badan generasi muda tidak signifikan. Tinggi badan kaum muda Amerika Serikat (AS), Inggris, dan beberapa negara Asia bahkan stagnan alias tidak bertambah.

Sebaliknya, perempuan-perempuan Guatemala tercatat sebagai yang terpendek di dunia. Ketinggian rata-rata kaum hawa di negara tersebut adalah 149 sentimeter. Untuk pria, Timor Leste alias Timor Timur menjadi negara dengan kelompok pemuda terpendek di dunia. Yakni, sekitar 160 sentimeter.

Selain bertambah dan stagnan, ternyata ada negara yang penduduknya makin lama malah makin pendek. Ya, selama sekitar tiga atau empat dekade terakhir, tinggi badan penduduk di kawasan Sub-Sahara, Afrika Utara, dan Timur Tengah malah berkurang. Di Sierra Leone, Uganda, dan Rwanda, tinggi badan generasi muda malah turun sekitar 5 sentimeter. (AFP/Reuters/BBC/hep/c19/kim)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top