17 Warga Kolaka Menderita Kaki Gajah – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

17 Warga Kolaka Menderita Kaki Gajah

kendaripos.fajar.co.id, KOLAKA- Kinerja Dinas Kesehatan (Dinkes) dalam mendukung program Pemda Kolaka dalam hal peningkatan layanan kesehatan patut dipertanyakan. Pasalnya, berdasarkan catatan Dinkes, hingga saat ini tercatat 17 warga Kolaka menderita penyakit kaki gajah atau filariasis dan belum sembuh.

igajah

Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan Dinkes Kolaka, Madu SKM membenarkan adanya 17 Penderita kaki gajah itu. Tetapi ia mengatakan bahwa ke 17 penderita kaki gajah itu merupakan kasus lama. Hanya saja, karena penyakit tersebut tidak bisa disembuhkan, maka penderita itu masih tercatat hingga sekarang. Dimana penyakit tersebut disebabkan oleh cacing filaria.

“17 penderita itu kasus lama. Tapi memang mereka belum sembuh, dan penyakit kaki gajah itu memang tidak bisa sembuh tetapi hanya dapat dicegah,” jelasnya.

Madu mengatakan, penyakit kaki gajah dapat menular dan menyebabkan kematian pada penderitanya. Adapun penularan penyakit kaki gajah dapat melalui gigitan nyamuk. Olehnya itu, untuk menekan meningkatnya angka penderita kaki gajah, pihaknya akan memberikan obat pencegahan secara gratis kepada seluruh masyarakat Kolaka.

“Kami akan membagikan obat Diethylcarbamazine citrate dan Albendazole. Kedua obat itu dapat dikonsumsi pada usia 2 hingga 72 tahun dan diminum sesudah makan dengan dosis sekali minum dalam satu tahun.  Tetapi obat itu nanti kami bagikan kepada masyarakat pada Oktober mendatang,” katanya.(zul)

 

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top