Kota Kendari Sabet Tiga Penghargaan Lingkungan – Kendari Pos –
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Kota Kendari Sabet Tiga Penghargaan Lingkungan

Wakil Walikota Kendari, Musadar Mappasomba diapit Kadis Rusnani dan Kepala Sekolah

Wakil Walikota Kendari, Musadar Mappasomba diapit Kadis BLH, Rusnani dan kepala sekolah penerima penghargaan Adiwiyata Mandiri.

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Tiga daerah di Sultra menunjukan konsistensi mereka yang peduli akan lingkungan bersih, dan tertata baik. Kota Kendari, Kolaka Utara dan Kota Baubau lagi-lagi tampil di pentas nasional dengan meraih penghargaan bidang lingkungan bernama Adipura. Tiga daerah itu menerima penghargaan tersebut langsung dari Wakil Presiden Jusuf Kalla, dalam acara rangkaian peringatan hari lingkungan hidup, yang tahun ini dipusatkan di Kabupaten Siak Indrapura, Provonsi Riau.

Khusus Kota Kendari, sukses meraih tiga penghargaan bidang lingkungan yakni Adipura Buana, Adiwiyata Mandiri yang disematkan kepada SDN 5 Mandonga dan SMP 1 Kendari dan terpilih sebagai Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah terbaik se Indonesia. Penghargaan itu diterima Kendari-2 Musadar Mappasomba, Jumat (22/7/2016). “Alhamdulilah, piala adipura dan adiwiyata kita bertambah, kemudian TPA Puuwatu juga diakui sebagai TPA terbaik nasional,” jelas Kepala Badan Lingkungan Hidup Ir. Rusnani saat dihubungi kemarin, yang mendampingi Musaddar ke Sumatera.

Sebelumnya, Kendari dua kali berturut-turut menyabet penghargaan Adipura Kencana. Sayangnya, penghargaan itu mengalami perombakan besar dalam indikator dan tingkatannya. “Sekarang tidak ada lagi Adipura Kencana, indikatornya semakin spesifik dan sudah tidak masuk lagi TPA, makanya begitu dipisah TPA kita yang terbaik, kalau adipuranya baru Buana, mudah-mudahan ini bisa meningkat tahun depan,” lanjut mantan kepala dinas PU itu.

Terpisah, Wali Kota Kendari, Ir. Asrun menyampaikan kesyukurannya atas dukungan penuh masyarakat selama ini. Capaian adipura kedelapan kali ini menurut dia adalah wujud konsistensi semua pihak dalam menjaga dan meningkatkan kebersihan lingkungannya. “Saya ucapkan terimakasih utamanya pada instansi tehnis yang terlibat langsung. Kepada masyarakat juga yang sudah mendukung penuh, ini harus kita juga kedepannya,” jelasnya.

Sementara itu, Kolaka Utara juga juga memboyong Adipura Buana. Penghargaan ini diterima Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH), Maksum Ramli. Kegembiraan tentu saja dirasakan pemerintah di wilayah itu karena meski Bumi Patampanua baru menginjak 12 tahun, tapi sudah mengantongi adipura hingga kali ketiga.

Kabag Humas dan Protokoler Pemda Kolut, Drs. Ramang yang ditemui kemarin membenarkan hal tersebut. Diterangkan Ramang, Adipura kali ini memiliki tiga makna didalamnya antara lain tiga bidang yang melambangkan kerja sama yang erat antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha.

Selanjutnya, relief yang menjadi gambaran piala itu mengungkapkan akan kehidupan masyarakat yang mengutamakan nilai luhur dan gotong royong dan ramah lingkungan serta plat tahun yang ada merupakan waktu penyerahan itu terjadi. “Ini yang saya ketahui,” ujarnya.

Sedangkan Kota Baubau meraih Adipura untuk kali kedua tahun ini. Khusus 2016, Baubau menyabet penghargaan Adipura Buana untuk kategori kota sedang. Kepala Badan Komunikasi Informasi Perpustakaan Arsip dan Data Kota Baubau, Idrus Taufik Saidi dalam pers rilisnya kemarin mengatakan, penghargaan tersebut diterima langsung Wali Kota Baubau AS Thamrin. (ahi/ely/rus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top