Dianggap Mampu Berdikari, Koperasi ini Raih Penghargaan – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Ekonomi & Bisnis

Dianggap Mampu Berdikari, Koperasi ini Raih Penghargaan

kendaripos.fajar.co.id, KENDARI-Sejak awal, koperasi diharap menjadi wadah dan pilar perekonomian kerakyatan. Makanya, lembaga ini diharapkan menjadi soko guru ekonomi nasional yang harus terus dikembangkan. Selaras dengan program Nawacita yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, perayaan hari jadi ke-69 tahun ini mengusung tema “Reformasi Koperasi Mewujudkan Ekonomi Berdikari”. Sebagai bentuk apresiasi, pemerintah memberikan penghargaan terhadap koperasi berprestasi.

kop

Tahun 2016, sebanyak 17 koperasi di Sultra mendapatkan penghargaan. Koperasi itu dianggap mampu mengembangkan dan mewujudkan ekonomi berdikari (berdiri di kaki sendiri). Penghargaan koperasi berprestasi ini diserahkan Sekretaris Provinsi, Sekprov Sultra, H. Lukman Abunawas pada puncak perayaan HUT Koperasi di pelataran Kantor Sekretariat Provinsi Sultra.

“Memasuki usia ke 69 tahun, idealnya koperasi mampu menunjukkan jati diri sebagai wadah handal bagi kekuatan ekonomi rakyat. Karena sejak semula gagasan pembentukan koperasi ditujukan untuk meningkatkan posisi tawar anggotanya. Koperasi diharapkan bisa menyejahterakan anggota dan masyarakat pada umumnya,” pesan Lukman Abunawas.

Apresiasi yang diberikan pemerintah ini kata mantan Bupati Konawe dua periode, bisa menjadi motivasi. Paling tidak, memberikan spirit bagi lembaga koperasi lainnya untuk terus melakukan pembenahan. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sultra, La Ode Andi Pili mengatakan penghargaan tersebut diberikan berdasarkan beberapa indikator penilaian. Untuk menjadi koperasi yang sehat dan baik, semua harus dimulai dari manajemen koperasi. Harus bisa melaksanakan RAT secara rutin setiap tahun. Karena, koperasi ditumbuh kembangkan dari anggota untuk anggota.

Berdasarkan data, jumlah koperasi di pada 2016 sekitar 4.900-an unit dengan jumlah anggota mencapai ratusan ribu orang. Untuk memertahankan eksistensi koperasi, pemerintah terus melakukan upaya peningkatan kapasitas koperasi. Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah koperasi sehat menunjukan tren peningkatan.

“Selain memberikan penghargaan pada 17 lembaga koperasi, pemerintah menyiapkan tropy khusus bagi 4 koperasi. Dari hasil penilaian, 4 lembaga ini berhasil meraih poin lebih dari seribu. Makanya, kami memberikan penghargaan lebih pada Koperasi Alam Jaya (Kendari), Koperasi Pasobala (Buton), Koperasi PGRI Unit Wawonii (Konawe Kepulauan) dan Koperasi Serba Usaha Ampibi (Muna Barat),” kata mantan Sekretaris KPUD Sultra ini, kemarin. (c/mal)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top