Kadis Perindag Konawe Jadi Tersangka Korupsi Pembangunan Pasar – Hacked by TryDee
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Kadis Perindag Konawe Jadi Tersangka Korupsi Pembangunan Pasar

kendaripos.fajar.co.id,UNAAHA—Kejaksaan Negeri (Kejari) Konawe akhirnya menetapkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Konawe, Muhammad Yasin sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Pasar Sampara yang bernilai kontrak Rp 10 miliar. Selain Yasin yang bertindak sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dalam proyek tersebut, Jaksa juga menetapkan dua tersangka yakni pejabat pembuat komitmen dan kontraktor pekerjaan yang belum diketahui identitasnya.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka pada awal pekan ini, ketiganya langsung dipanggil jaksa untuk menjalani pemeriksaan dalam status baru tersebut, Kamis (21/7/2016). Ketiganya datang secara terpisah, Kadisperindag memenuhi panggilan Jaksa sekitar pukul 10.00 wita ditemani oleh Kuasa Hukumnya, Masri Said SH.

Informasi yang diperoleh dari jaksa, para tersangka akan menjalani pemeriksaan sekitar delapan jam dengan materi pemeriksaan seputar pembangunan Pasar Sampara yang telah merugikan negara sekitar Rp 2 miliar. Masri Said SH selaku kuasa hukum tersangka beranggapan, kaksa masih terlalu dini menetapkan kliennya sebagai tersangka. Sebab pihak kejaksaan belum menunjukkan bukti adanya kerugian negara yang dikeluarkan oleh pihak berwenang melakukan audit kerugian negera. “Ini menjadi pertanyaan kami, apakah sudah ada kerugian negara atau tidak, sebab saya juga belum lihat hasil audit.  Untuk menentukan kerugian negara harusnya dilakukan BPKP dan BPK atau lembaga keuangan lainnya sebagai lembaga auditor resmi pemerintah,” katanya.

Proyek pembangunan Pasar Sampara bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) 2015 dengan dana sebesar Rp 10 miliar. Namun, dalam pelaksanaannya diduga bermasalah. Selain karena bestek konstruksi yang dianggap tidak sesuai, deadline pembangunannya tak selesai dan dilanjutkan pada tahun berikutnya. Dalam perkara ini jaksa telah meneriksa puluhan tersangka diantaranya beberapa orang yang memegang posisi yakni KPA, PPK dan PPSPM dari Disperindag Konawe. Kemudian Direksi teknik dari Dinas PU Konawe dan panitia pengadaan. Sementara dari perusahaan rekanan, mereka adalah Direktur Pelaksana Lapangan PT. Karya Rezki Pembangunan, Pelaksana Lapangan, serta saksi dari Konsultan Pengawas dari perusahaan lainnya. (dedy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top