136 Putra-putri dari 34 Provinsi Harus Lewati Delapan Tes – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Edukasi

136 Putra-putri dari 34 Provinsi Harus Lewati Delapan Tes

 Perwakilan Paskibraka bersama Plt Sesmenpora dan Koordinator Pelatih dari Garnisun Tetap. Foto: Amjad/Jpnn


Perwakilan Paskibraka bersama Plt Sesmenpora dan Koordinator Pelatih dari Garnisun Tetap. Foto: Amjad/Jpnn

kendaripos.fajar.co.id,JAKARTA – Proses seleksi nasional Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk upacara kemerdekaan 17 Agustus 2016, telah dimulai. 136 putra-putri terbaik dari 34 provinsi, menjalani serangkaian tes untuk mendapatkan kepercayaan, bertugas di Istana Merdeka.

Menurut Bastaman Harahap, Kabid Kaderisasi dan Pendayagunaan Kepemimpinan Kemenpora, ‎seleksi dilakukan untuk mendapatkan 68 Paskibraka terbaik.

“Nanti yang 68 tidak ditugaskan di Istana, akan ditugaskan jadi Paskibraka di provinsi masing-masing,” katanya, usai tes kesehatan 136 Paskibraka di RSON Kemenpora, Jakarta, Jumat (22/7) petang.

Dalam seleksi Paskibraka tahun ini, ‎tak ada perubahan tes yang dilakukan. Total ada delapan tes yang harus dijalani oleh 136 siswa yang seluruhnya kini duduk di kelas XI SMA.

Meliputi tes parade, pasukan baris-berbaris, jasmani, psikotest, kesehatan dan kebugaran, pengetahuan umum, kesenian daerah, dan wawancara.

Pihak-pihak yang melakukan tes selain dari pihak RSON Kemenpora, ada juga dari Garnisun Tetap-1 Jakarta, BNN, Kemenlu, Lembaga Psikologi alumnus UI, Kemendikbud, dan Kemensetneg.

“Mereka akan dites sampai 25 Juli nanti. Setelah itu, akan diumumkan pada keesokan harinya siapa yang akan ditugaskan di Istana untuk 17 Agustus,” tegas lelaki berkumis itu.

Setiap provinsi dalam seleksi nasional kali ini mengirimkan empat wakil, terdiri dari dua putradan dua putri. Nantinya, setiap provinsi akan menyisakan satu putra dan putri yang akan digembleng dalam karantina Paskibraka nasional.

“Karantina untuk 68 Paskibraka yang ditugaskan ‎di Istana akan dimulai pada 28 Juli sampai 16 Agustus,” tandasnya. (dkk/jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top