BI Dorong Ketahanan Pangan untuk Tekan Inflasi – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Ekonomi & Bisnis

BI Dorong Ketahanan Pangan untuk Tekan Inflasi

Pemotongan tumpeng oleh kepala BI Sultra, Dian Nugraha seranhkaian HUT BI di Sultra, Rabu (20/7)

Pemotongan tumpeng oleh kepala BI Sultra, Dian Nugraha seranhkaian HUT BI di Sultra, Rabu (20/7)

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Bank Indonesia (BI) Sultra terus meningkatkan perannya sebagai mitra stategis bagi semua stakaholder, utamanya pemerintah daerah. Upaya tersebut ditempuh melalui pelaksanaan tugas BI, seperti melaksanakan pengendalian inflasi daerah melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). Selah satu upaya BI, menekan inflasi melalui pengembangan klaster ketahanan pangan. “Selain komoditas pangan, BI juga memperhatikan komoditas unggulan daerah agar meningkatkan perekonomian daerah,  ungkap Dian Nugraha, Kepala Perwakilan BI Sultra pada perayaan HUT BI ke 63 di Hotel Clarion, Kendari, Rabu (20/7).

Saat ini, BI Sultra telah mendorong pengembangan klaster kakao pada 10 desa yang tersebar di Kabupaten Konawe, Kolaka Timur dan Konawe Selatan. Selain itu, ada pengembangan sistem pertanian terpadu yang gelar pada 3 desa yang terletak di Kabupaten Konawe Selatan yang dilaksanakan sejak 2013 lalu.

“Kami juga mendorong ketahanan pangan padi sawah pada 3 desa yang semuanya berada di Kabupaten Konawe sejak tahun 2014, dan akan menyusul di Kabupaten Bombana. Tak hanya itu, kami juga berupaya untuk mengembangkan klaster kerajinan limbah sampah dan rumput laut di Wakatobi,” jelasnya.

Beberapa waktu lalu, lanjut Dian, BI juga bekerjasama dengan berbagai pihak terkait untuk mengembangkan komoditas ternak. Mulai dari sapi, ayam ras, serta perikanan darat dan laut. “Semua hal tersebut dikembangkan melalui pertanian terintegrasi,” ujarnya.

Dian juga menyatakan, BI akan terus mendorong penguatan kelembagaan maupun koordinasi kegiatan TPID. Olehnya itu, berkat kerjasama dan sinergi yang semakin baik, saat ini telah terbentuk TPID pada semua kabupaten kota yang ada di Sultra. Untuk memberikan arah program pengendalian inflasi, TPIS Sultra telah menyelesaikan roadmap pengengendalian inflasi.

“Roadmap tersebut bertumpu pada empat pilar yang terdiri dari peningkatan produksi pangan strategis dan peningkatan kelancaran pasokan serta distribusi. Selain itu perlu peningkatan koordinasi dan penguatan TPID dan peningkatan arus informasi kepada masyarakat,” terang Kepala BI Sultra ini.

Sementara itu, Sekda Sultra, Lukman Abunawas mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi berbagai upaya yang dilakukan oleh BI Sultra, utamanya dalam mendukung suksesnya program pemerintah daerah. Dengan sukses program itu, maka kesejahteraan masyarakat juga ikut meningkat. “Kami berharap BI terus aktif membantu pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Sultra,” katanya. (yusup)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top