Dor! Dor! Ini Detik-detik Menegangkan Penyergapan Santoso – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Dor! Dor! Ini Detik-detik Menegangkan Penyergapan Santoso

Prajurit TNI. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

Prajurit TNI. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

kendaripos.fajar.co.id,POSO — Pemimpin kelompok teror Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Santoso tewas dalam kontak tembak Senin lalu (18/7/2016) di Poso. Berikut kronologis kejadian berdasar informasi yang dihimpun Radar Sulteng (Kendari Pos Group).

Senin (18/7) Tim Alfa 29 dari Satuan Tugas (Satgas) Yonif 515 Brigif 9 Devisi Infantri 2 Jember melakukan patroli rutin di Desa Kilotrans dan Tambarana Kecamatan Poso Pesisir Utara (PPU).

Sekitar pukul, 16.00-16.30 wita, tim Alfa 29 membagi tiga titik sasaran penyergapan setelah melihat jejak seseorang yang mencurigakan di kebun warga. Empat personel TNI lainnya melakukan patroli dan melihat  sebuah dua buah gubuk di kebun.

Pada gubuk kedua tim Alfa lainnya, melihat orang tidak dikenal (OTK) mengambil sayur dan ubi untuk menutupi jejak dari kecurigaan aparat.

Sedangkan tim Alfa lainnya, melihat ada OTK lainnya menuju ke sungai. Dari jarak sekitar 20-30 meter, terlihat 3 orang tidak dikenal menyeberangi sungai dan langsung menghilang.

Karena kehilangan jejak, tim Alfa 29 yang semula berpecar dari tiga titik sasaran penyergapan kembali bergabung dan melakukan patroli dengan cara pendekatan secara senyap ke lokasi menghilangnya OTK tersebut.

Sekitar pukul 17.00 wita, setelah tim Alfa mendekati OTK, terlihat para OTK  yang berjumlah 5 orang sedang duduk dan kemudian terjadi kontak tembak sekitar 30 menit. Tim Alfa yang jumlahnya tidak disebutkan itu, usai baku tembak langsung melakukan penyisiran di lokasi baku tembak.

Hasilnya, dua OTK ditemukan sudah tidak bernyawa dengan cirri-ciri, satu OTK berambut panjang, berjenggot, dan bertahi lalat di dahi. Sedangkan satu OTK lainnya tidak bisa dikenali cirri-cirinya karena sasaran tembak mengenai kepalanya.

Ada 3 OTK lainnya yang lolos dari penyergapan tim Alfa Satgas Yonif 515 Brigif 9 Devisi Infantri 2 Jember. Dua perempuan dan satu laki-laki.  Untuk dua perempuan melarikan diri kea rah barat dari lokasi penyergapan pertama.

Yang perempuan satu menggunakan kerudung bercadar dan satunya tidak memakai baju atau telanjang dengan membawa kabur satu pucuk senjata M16. Ada dugaan, satu perempuan yang telanjang habis mandi di sungai dan tidak sempat mengenakan pakaiannya.

Untuk yang laki-laki satunya melarikan diri ke arah selatan dari lokasi kontak tembak pertama. Tiga OTK yang kabur berpencar sehingga tim Alfa membagi personel.

Yang empat orang mengamankan lokasi baku tembak sambil menunggu bantuan tim evakuasi dari aparat gabungan. Sementara yang lima personel TNI lainnya terus melakukan  pengejaran. (jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top