WASPADA! Banjir dan Longsor Bisa Terjadi Setiap Waktu – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Metro Kendari

WASPADA! Banjir dan Longsor Bisa Terjadi Setiap Waktu

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Intensitas curah hujan yang cukup tinggi kembali melanda wilayah Sultra. Musibah banjir yang terjadi di Konawe Utara pekan lalu menjadi bukti jika cuaca saat ini harus membuat semua pihak siaga. Tak terkecuali di Kota Kendari. Pemukiman padat penduduk serta posisi strategis wilayah yang ada di sisi teluk menjadi peringatan jika banjir dan longsor bisa terjadi sewaktu-waktu.

Kepala Seksi Sarana Prasana Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari, M. Erwin Fajar membenarkan hal itu. Kata dia, setiap terjadi hujan deras pihaknya meningkatkan pengawasan di lapangan. Kelurahan yang menjadi langganan genangan air menjadi titik tinjauan tim BPBD.

“Kami tentu butuh laporan juga dari masyarakat karena personil kami terbatas. Contohnya hujan deras Sabtu kemarin, itu beberapa kelurahan terancam banjir bahkan ada yang longsor,” jelasnya saat ditemui, kemarin. Intaian banjir dan longsor bukanlah hal baru bagi masyarakat Kendari. Sebab beberapa kali disetiap musim penghujan, dua bencana itu melanda warga. Karenanya, Ia meminta warga untuk waspada.

“Anawoi, Wawowanggu, Bende, Anduonohu dan Lahundape sempat terendam mencapai 40 sentimeter. Bahkan di Tipulu dan Petoaha ada longsor, makanya kami stand by sampai malam memantau kota,” paparnya.

Menurut pantauan BPBD, genangan air disebabkan oleh sistem drainase yang buruk. “Kadang badan jalan lebih tinggi dari rumah warga, diameter drainase terlalu kecil sehingga air mudah meluap,” tambahnya. Cukup beruntung karena hujan deras kebanyakan terjadi saat air surut sehingga aliran sungai tak terhambat. “Hujan minggu lalu, kalau bertepatan dengan air pasang itu bisa lebih dari 40 sentimeter genangannya,” tandas Erwin Fajar. (elyN)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top