Kemenkumham Siap Wujudkan Lapas Industri – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Kemenkumham Siap Wujudkan Lapas Industri

Agus Purwanto

Agus Purwanto

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Instruksi Menteri Hukum dan Hak Azasi, Yasonna Laoly untuk membentuk lembaga pemasyarakatan (Lapas) Industri langsung mendapat dukungan dari jajarannya. Beberapa Lapas yang berada di wilayah Indonesia, sudah mulai mengaplikasikannya. Di Sulawesi Tenggara, sudah beberapa bulan terakhir juga menerapkan kebijakan tersebut. Warga binaan yang mempunyai kreatifitas dan keahlian tertentu diberdayakan membuat kerajinan tangan.

Lapas Industri diwujudkan sebagai upaya memberdayakan tahanan dan narapidana bisa memanfaatkan waktu lebih baik. Para warga binaan didorong dapat berinovasi membuat kerajinan tangan. Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sultra, Agus Purwanto, mengatakan saat ini pihaknya tengah memaksimalkan Lapas Industri di daerah ini.

“Di Lapas Kelas II A Kendari saat ini sudah ada pencanangan program tersebut. Warga binaan telah melaksanakan pembuatan paving blok untuk dipasarkan. Jika maksimal, kami juga berniat akan menambah mesin pembuatan paving blok yang saat ini dikerjakan para warga binaan kami,” kata Agus, kemarin.

Tak hanya itu, warga binaan juga dapat membuat kerajinan seperti bingkai dari kulit kacang, miniatur perahu dari tempurung kelapa dan bunga dari sabun. “Kerajinan tangan ini sudah ada yang diproduksi dan diperjualbelikan keluar. Kami berniat melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, untuk memasarkan hasil karya warga binaan kami ini,” tandasnya. (KENDARIPOS)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top