Inilah Manfaat Antar Anak di Hari Pertama Sekolah – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Edukasi

Inilah Manfaat Antar Anak di Hari Pertama Sekolah

Siswa SD. Ilustrasi Foto: dok.Jawa Pos/JPNN.com

Siswa SD. Ilustrasi Foto: dok.Jawa Pos/JPNN.com

kendaripos.fajar.co.id,JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menganjurkan orang tua ikut mengantar anak mereka di hari pertama ke sekolah, besok (18/7/2016). Kegiatan penuh kehangatan itu diharapkan tidak sekadar menjadi seremoni tahunan.

Pakar pendidikan Arief Rachman menyatakan, semangat utama Kemendikbud menganjurkan orang tua ikut datang ke sekolah pada hari pertama adalah membangun silaturahmi dengan lingkungan sekolah.

Baik itu kepala sekolah, wali kelas, maupun guru dan staf sekolah lainnya. ’’Hari pertama sekolah itu simbol. Tidak cukup hanya dilakukan sekali,’’ katanya.

Ketua Komite Nasional untuk UNESCO itu menuturkan, diperlukan tindak lanjut lewat pertemuan-pertemuan berikutnya antara orang tua, guru, kepala sekolah, dan pihak lain.

Di dalam pertemuan lanjutan itu, sekolah bisa menjelaskan visi-misi pembelajaran. Kemudian, orang tua bisa menyampaikan perkembangan pembelajaran anak mereka di rumah.

Arief mengingatkan, anak sekolah mengalami dua lingkungan pendidikan yang berbeda. Yakni, pendidikan informal yang berupa keluarga dan pendidikan formal di sekolah.

Menurut dia, diperlukan forum pertemuan yang intensif untuk saling berbagi perkembangan pendidikan anak di lingkungan keluarga dan sekolah. ’’Sekolah juga bisa mengadakan kegiatan berkala seperti kelas parenting,’’ paparnya. (jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top