Selasa, MK Sidangkan PSU Muna – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Selasa, MK Sidangkan PSU Muna

kendaripos.fajar.co.id, KENDARi– Perjalanan panjang pencarian Bupati dan Wakil Bupati Muna memasuki babak baru. Setelah digelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) Jilid II, 19 Juni lalu, dengan kemenangan di tangan pasangan Rusman Emba-Malik Ditu, agenda berikutnya adalah mempertanggungjawabkan pelaksanaan proses pemilihan itu dihadapan Mahkamah Konstitusi (MK). Lembaga tersebut bakal menyindangkan perkara ini, Selasa (19/7) nanti.

kada

Agendanya, seperti dikutip dari www.mahkamahkonstitusi.go.id, yakni mendengarkan laporan hasil pemungutan suara ulang (PSU) dari semua pihak. Sidang tersebut rencanaya digelar pukul 15.30 Wita. “Hal itu berdasarkan hasil rapat permusyawaratan hakim (RPH),” ungkap Juru Bicara MK, Fajar Laksno saat dihubungi Kendari Pos di Jakarta, Jumat (15/7).

Plt Ketua KPU RI, Hadar Nafiz Gumai mengaku bersyukur dengan keluarnya jadwal sidang sengketa Pilkada tersebut. Ia berharap dengan keluarnya jadwal persidangan tersebut, masalah di Muna bisa cepat selesai. Soal apa yang menjadi laporan Hadar mengaku semua proses akan dilaporkan KPU. “Semua proses hingga pelaksanaan PSU akan kita laporkan dengan jelas. Apa yang sudah dikerjakan teman-teman adalah yang terbaik,” ujar pengganti sementara mendiang Husni Kamil Manik ini.

Sementara itu Ketua KPU Sultra Hidayatullah berharap sidang lanjutan ini merupakan akhir dari masalah Pilkada Muna. Kata Dayat-sapaanya-masyarakat sudah lelah dengan proses politik di daerah itu yang sudah berlarut dan tanpa akhir. “Kami berharap ini dapat dituntaskan dengan segera dan jangan dibiarkan berlarut-larut,” ujarnya.
Ditanyakan apa yang dipersiapkan menghadapi sidang tanggal 19 mendatang, mantan anggota KPU Kota Kendari ini mengaku tak melakukan persiapan khusus. “Kita akan laporkan mulai dari proses awal sampai akhir. Termasuk proses validasi pemilih nanti kita akan tekankan bahwa kita sudah melakukan yang terbaik hingga membuatkan berita acara,” jelasnya.

Sedangkan Komisioner KPU Muna Sulaiman Loga mengaku akan memberikan keterangan langsung akan proses PSU jilid II di Muna. “Saya akan bicara langusung nanti di depan majelis hakim terkait PSU jilid II di Muna. Prinsipnya yang kita kerjakan adalah yang terbaik dan sudah semaksimal mungkin,” jelasnya.

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top