Unsultra Siapkan Beasiswa Bidik Siswa Potensial Pedesaan – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Edukasi

Unsultra Siapkan Beasiswa Bidik Siswa Potensial Pedesaan

Rektor Unsultra, Prof Dr Andi Bahrun MAgric, saat berbincang dengan Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin di Graha Pena Kendari Pos, Senin (16/5/2016)

Rektor Unsultra, Prof Dr Andi Bahrun MAgric, saat berbincang dengan Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin di Graha Pena Kendari Pos.

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) selalu berinovasi dalam memberikan peluang putra/putri Bumi Anoa untuk studi di kampus tersebut. Teranyar, kampus yang dipimpin Prof. Dr. Andi Bahrun ini, mencanangkan program beasiswa melalui bidik siswa potensial pedesaan tahun 2016. Program bidik siswa potensial ditujukan bagi siswa SMA pedesaan di Sultra yang secara ekonomi kurang mampu, namun memiliki prestasi. Siswa dimaksud dianggapa berpotensi untuk dikembangkan demi mendukung kemajuan suatu daerah.

Rektor Unsultra Prof. Dr. Andi Bahrun mengungkapkan, penerimaan mahasiswa baru tahun ini, pihaknya memberikan kuota 100 alumni SMA yang akan diseleksi dalam mendapatkan beasiswa potensial pedesaan. “Kami sangat bersyukur beasiswa ini kami dapat berikan untuk mahasiswa Unsultra. Tahun kemarin 30 mahasiswa kami yang mendapatkan beasiswa tersebut. Alhamdulillah, tahun ini kami kami dipercaya oleh pemerintah untuk meningkatkan menyelenggarakan program beasiswa, sehingga kuotanya bertambah hingga 100 mahasiswa”, ungkapnya.

Mahasiswa yang sudah dinyatakan mendapatkan beasiswa dimaksud, lanjut Andi Bahrun, nantinya akan di didik dengan maksimal. Selain menggunakan kurikulum berbasis KKNI, juga akan didik dengan basis resource base pedesaan atau basis sumber daya desa sesuai asal mereka. Tentunya program bertujuan agar mahasiswa punya potensi besar untuk membangun desa asal masing-masing setelah lulus. Olehnya itu, disamping memiliki pengetahun yang mumpuni, juga punya kemampuan untuk pengembangan desa.

“Kami akan desain mereka untuk mengembangkan potensi berbasis resource base atau sumberdaya yang ada di desanya. Kami tidak mau setelah selsai mereka hanya mengejar kursi PNS, tetapi merekan harus bisa mengelola potensi desa mereka untuk menjadi sumber pendapatan mereka juga sumber pendapatan untuk masyarakat desa mereka, seperti berbisnis dan berwirausaha,” kata Andi Bahrun, saat menyampaikan kuliah umum di Unsultra.

Mantan Kepala Universitas Terbuka Kendari ini, menjelaskan melalui program bidik siswa potensial pedesaan, akan meningkatkan nilai tambah pertanian masyarakat pedesaan. Artinya mengembangkan pertanian tidak hanya untuk pemenuhan konsumsi, tetapi juga bernilai komersial. Untuk mengembangkan program itu, Unsultra punya salah satu Program studi, yakni Teknologi Hasil Pertanian.

“Saya sebagai orang pertanian menginginkan petani dan masyarakat Sultra sejahtera. Harapan saya kedepan, supaya lebih efektif maka harus meningkatkan bekerjasama yang baik. Sehingga tidak hanya kecukupan pangan, tetapi kualitasserta bisa mensejahterahkan petani Sultra.Sehingga membutuhkan keterlibatan pemerintah,perguruan tinggi, masyarakat dan dunia usaha sehingga masyarakat bisa sejahtera melalui pertanian,” tutupnya. (waode)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top