Jadwal Seleksi CPNS Belum Jelas – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Jadwal Seleksi CPNS Belum Jelas

Tes CPNS sistem CAT. Foto: dok.JPNN.com

Tes CPNS sistem CAT. Foto: dok.JPNN.com

kendaripos.fajar.co.id,JAKARTA – Hingga kemarin Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) belum juga mengeluarkan tahapan seleksi CPNS 2016 dari jalur umum. Belum jelas kapan pendaftaran dan pelaksanaan tes dilakukan.

Ketidakjelaskan ini malah membuat repot Kemenpan-RB. Pasalnya, semakin marak kabar terutama di media sosial, yang menyebut tanggal tes CPNS. Kementerian yang dipimpin Yuddy Chrisnandi itu menduga, sudah mulai banyak pihak-pihak yang ingin mengeruk keuntungan dari rencana penerimaan CPNS jalur umum 2016.

“Sampai saat ini belum ada pengumuman resmi mengenai rencana dan jadwal seleksi CPNS, seperti yang marak beredar di sosial media,” ujar Karo Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kemenpan-RB Herman Suryatman dalam keterangan persnya, kemarin  (12/07).

Kemenpan-RB, lanjutnya, kebanjiran pertanyaan dari warga masyarakat terutama yang ingin melamar menjadi CPNS. Mereka mempertanyakan kebenaran informasi yang menyebar lewat media sosial yang sudah menyebut jadwal tahapan tes CPNS.

“Padahal, tidak semua informasi itu benar. Karena itu masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan dapat menyeleksi setiap informasi yang masuk. Jangan mudah percaya dengan berita yang tidak jelas asal-usulnya,” tegas Herman.

Diakui, memang beredarnya informasi penerimaan CPNS di tahun 2016 melalui portal-portal tidak resmi sebenarnya sudah berulang kali terjadi. “Bukan mustahil hal itu sengaja dihembuskan oleh pihak-pihak tertentu yang bermaksud mengambil keuntungan pribadi,” imbuhnya lagi.

Diingatkan, sudah banyak kasus penipuan yang berawal dari informasi-informasi menyesatkan yang beredar di media-media tidak resmi. “Jangan tergoda dengan info-info menyesatkan,” ujarnya.

Dikatakan, banyak oknum yang tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan Kemenpan-RB tentang  dibukanya penerimaan CPNS tahun 2016.

Diingatkan, selain info yang beredar bukan dari web resmi kami, itu hanyalah berita hoax. “Apalagi dengan mencantumkan jadwal tes CPNS, sudah jelas tidak benar,” ujarnya.

Dikatakan, semua informasi terkait penerimaan CPNS dan pemberitahuan lainnya akan dipublikasikan melalui website resmi Kemenpan-RB. “Pantau terus web Menpan, karena setiap informasi resmi dikeluarkan dari situs resmi tersebut,” tegas Herman. Dia juga belum berani menyebut kapan kira-kira pendaftaran CPNS dibuka.

Sebelumnya, pemerintah memastikan tahun ini akan merekrut 151.042 CPNS. Jumlah tersebut akan mengisi 108 jabatan yang sudah ditentukan pusat.

Formasi jabatan yang akan diisi antara lain bidang kesehatan, pendidikan (guru dan dosen), dan penanggulangan kemiskinan. Selain itu bidang yang menunjang pembangunan infrastruktur, pembangunan poros maritim, pembangunan ketahanan energi dan ketahanan pangan. Terakhir, tenaga penegak hukum dan SDM untuk program dukungan reformasi birokrasi.

Pemda dilarang mengajukan usulan penambahan formasi di luar yang sudah ditentukan. Jika misal ada yang mengusulkan formasi tenaga administrasi, sudah pasti ditolak.

Juru Bicara Badan Kepegawaian Negara (BKN) Tumpak Hutabarat mengatakan formasi merupakan kebijakan yang diterbitkan Kemenpan-RB.

“Besaran formasi yang telah ditetapkan tidak dapat ditawar karena sudah diputuskan dengan perhitungan tertentu,” tegas Tumpak. (sam/jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top