Gas Elpiji 3 Kg Langka, Pertamina Duga Ada Spekulan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Gas Elpiji 3 Kg Langka, Pertamina Duga Ada Spekulan

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Depot Pertamina Kendari memastikan, sebenarnya tak ada kelangkaan elpiji tabung 3 kilogram (Kg) selama ramadan hingga Idul Fitri 1437 H. Sebab, Pertamina selalu mendistribusikan bahan bakar gas itu ke pangkalan, bahkan selama libur lebaran. Dengan fakta adanya kelangkaan dan kenaikan harga elpiji saat ini, maka diduga ada permainan oknum-oknum tak bertanggungjawab.

Sales Eksekutif Elpiji Pertamina Sultra, Andrew Tambunan mengatakan, beberapa hari sebelum lebaran pihaknya terus mendistribusikan elpiji 3 kg setiap hari, bahkan di hari Minggu. Padahal bulan-bulan di luar ramadan dan lebaran, pihaknya tidak melakukan penyaluran elpiji pada hari libur itu. “Sebenarnya tidak ada kelangkaan elpiji di masyarakat, kami cek di lapangan barangnya juga ada. Hanya saja, pada H-3 lebaran kondisi masyarakat banyak yang takut tidak kebagian. Untuk memastikan hal itu, kami tidak menikmati libur lebaran termasuk teman agen di pangkalan,” argumen Tambunan, Selasa (12/7/2016).

Dari tanggal 13 hingga 24 Juni, Pertamina bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Kendari bahkan menggelar pasar murah di 10 kecamatan dan menyediakan masing-masing 560 tabung elpiji 3 kg. Namun yang laku terjual paling banyak hanya 100 tabung.
“Hal ini membuktikan kalau tidak ada gejolak di masyarakat. Kami khawatir yang menaikan harga itu adalah spekulan. Karena momen lebaran mengambil kesempatan mendapatkan untung besar. Namanya orang butuh dan pasti beli, sehingga dijual berapapun pasti laku,” jelasnya.

Dia menyarankan, jika masyarakat ingin mendapatkan elpiji dengan harga standar sebaiknya membeli di pangkalan resmi atau SPBU, bukan ditingkat pengecer. Pasalnya, harga elpiji 3 kg yang berlaku di pangkalan pasti sesuai harga eceran tertinggi (HET). “Kalau ada pangkalan resmi yang menjual di atas HET maka segera dilaporkan ke Pertamina. Karena kami akan memberikan pembinaan dalam bentuk surat peringatan atau skorsing. Perlu diketahui HET tabung elpiji 3 kg di Kota Kendari Rp 17.500 per tabung. Hal tersebut sesuai Pergub Nomor 5 Tahun 2014,” pungkasnya. (yusup)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top