WNI Diculik Lagi, TNI AL Disarankan Gelar Operasi Setrika, Wow! – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Nasional

WNI Diculik Lagi, TNI AL Disarankan Gelar Operasi Setrika, Wow!

KRI menangkap kapal asing. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

KRI menangkap kapal asing. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

kendaripos.fajar.co.id,JAKARTA— Dosen Hubungan Internasional (HI) Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung Teuku Rezasyah mengatakan, kasus penculikan 3 WNI di perairan Malaysia itu menjadi tamparan telak bagi Malaysia.

’’Mereka selama ini sering mengkritik Indonesia tidak bisa mengurusi wilayah lautnya. Sekarang mereka kebobolan,’’ jelasnya.

Reza, panggilan akrabnya, menuturkan kasus ini harus menjadi momentum untuk otoritas Malaysia segera membuka diri dengan pemerintah Indonesia. Baginya lebih baik masalah ini cepat diselesaikan.

Operasi gabungan antara tentara kedua negara untuk menyelamatkan tiga WNI itu segera dijalankan. Apalagi tentara Indonesia dan Malaysia selama ini memiliki program kerjasama bernama Elang Malindo.

Selain itu kasus penculikan ini juga menjadi bahan evaluasi internal pemerintah Indonesia. Pertama adalah TNI AL harus sering melakukan operasi ’’setrika’’ untuk mengamankan nelayan-nelayan Indonesia yang mencari ikan.

Disebut operasi setrika, karena KRI-KRI Indonesia harus sering bolak-balik melalui area perbatasan laut Indonesia. ’’Bolak-balik sama seperti setrika,’’ jelasnya.

Kemudian Reza juga mengatakan kemampuan navigasi nelayan Indonesia masih banyak yang tradisional. Untuk navigasi laut, kebanyakan masih menggunakan peta bintang.

Selain itu nelayan Indonesia belum memiliki kemampuan untuk membedakan perahu yang mendekat itu sesama nelayan atau perompak.

Jika kemampuan itu sudah ada ditambah perlengkapan komunikasi yang memadai, nelayan Indonesia bisa langsung mengirim sinyal bahaya saat didekati perompak.

Peningkatan kemampuan nelayan Indonesia baginya adalah tugas besar yang harus diselesaikan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di bawah komando Susi Pudjiastuti. (mia/wan/sam/jpnn) 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top