Menristek Semprot 4 Kampus Ini Gara-Gara Gelar Seleksi Mandiri – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Edukasi

Menristek Semprot 4 Kampus Ini Gara-Gara Gelar Seleksi Mandiri

Menristekdikti, M Nasir . Foto:dok jp

Menristekdikti, M Nasir . Foto:dok jp

kendaripos.fajar.co.id,JAKARTA— Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) Muhammad Nasir menanggapi sejumlah kampus yang mendahului menjalankan ujian atau seleksi mandiri.

“Aturannya, ujian mandiri memang dilaksanakan setelah SBM PTN diumumkan,” katanya, Rabu (29/6/2016).

Nasir secara redaksional akan mengubah peraturan menteri tentang pelaksanaan seleksi masuk mahasiswa baru di kampus negeri.

Dia mengakui, redaksi yang mengatur seleksi mandiri rentan disalahtafsirkan oleh kampus.

“Sehingga ada kampus yang menyelenggarakan ujian mandiri mendahului SBM PTN. Ke depan tidak boleh ada lagi yang seperti ini,” tuturnya.

Dia menegaskan, pelamar yang tidak lolos SNM PTN maupun SBM PTN sejatinya masih memiliki satu kesempatan lagi, yakni melalui seleksi mandiri.

Namun sayang, kampus-kampus papan atas justru mengawali pelaksanaan ujian mandiri itu. Contohnya, UI, IPB, UGM, dan Undip.

Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia sekaligus Rektor IPB Herry Suhardiyanto mengakui, ujian tulis jalur mandiri mereka laksanakan pada 18 Juni lalu, jauh sebelum pengumuman kelulusan SBM PTN dikeluarkan pada 28 Juni.

Dia beralasan, seleksi mandiri dilaksanakan jauh hari untuk menghindari bulan puasa. “Berat kalau ujian tulisnya dilaksanakan di bulan puasa.” (wan/c5/sof) 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top