Data dan Fakta Jelang Prancis vs Islandia – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Data dan Fakta Jelang Prancis vs Islandia

Dalam sejarah pertemuan, Prancis selalu menang saat menjamu Islandia. FOTO: AFP

Dalam sejarah pertemuan, Prancis selalu menang saat menjamu Islandia. FOTO: AFP

kendaripos.fajar.co.id,SAINT-DENIS – Tuan rumah Prancis belum terkalahkan dalam 11 pertemuan kontra Islandia. Mereka meraih 8 kemenangan dan 3 seri.

Meski begitu. Les Bleus pantang meremehkan Islandia. Maklum saja, setiap kali dianggap enteng, mereka justru membuat kejutan besar. Terakhir, Islandia mengalahkan Inggris di babak 16-besar.

Laga Prancis vs Islandia yang digelar pada Senin (4/7/2016) pukul 02.00 WIB bak Goliath vs David. Maklum saja, ini merupakan perempat final ke-5 bagi Prancis dalam 6 edisi terakhir Euro.

Sementara itu, Islandia merupakan tim debutan. Meski begitu, dari fase grup hingga 16-besar, Islandia belum terkalahkan.

Salah satu laga paling seru antara Prancis vs Islandia terjadi pada 27 Mei 2012 di Valenciennes dalam pertandingan persahabatan. Islandia memimpin 2-0 lewat Birkir Bjanarson menit ke-27 dan Kolbeinn Sigthorsson menit ke-34. Namun, Les Bleus yang dilatih Laurent Blanc mampu membalas 3 gol pada babak kedua lewat Mathieu Debuchy (52), Franck Ribery (84), dan Adil Rami (87).

Islandia sendiri selalu kalah dalam enam lawatan ke Prancis. Mereka hanya mencetak 5 gol dan kebobolan 22 gol.

FAKTA PRANCIS
– Prancis tak terkalahkan dalam 8 laga internasional terakhir, 7 menang dan 1 seri. Terakhir kali kalah pada 17 November 2015 kontra Inggris di laga persahabatan.
– Untuk ke-80 kali Prancis bertanding di Stade de France. Dari 79 laga sebelumnya, Les Bleus menang 49 kali, seri 20 kali, dan kalah 10 kali. Rekor Prancis di Stade de France dalam turnamen mayor adalah 4 menang dan 1 seri.
– Prancis sebelumnya selalu kalah di perempat final Euro sejak juara pada 2000. Pada 2004 kalah dari Yunani dan pada 2012 kalah dari Spanyol.
– Pada 1984, Prancis juara Euro saat menjadi tuan rumah. Mereka menjadi negara ketiga yang menjadi juara Euro sebagai tuan rumah setelah Spanyol (1964) dan Italia (1968).

FAKTA ISLANDIA
– Ini merupakan untuk kali pertama Islandia tampil di putaran final turnamen mayor.
– Islandia tak terkalahkan di putaran final Euro 2016 sampai sejauh ini. Mereka menang 2 kali dan seri 2 kali.
– Populasi Islandia hanya 330 ribu jiwa. Mereka menjadi negara terkecil yang tampil di putaran final turnamen mayor.
– Klub-klub Islandia pernah lima kali bertanding di Prancis di kancah antarklub Eropa. Tapi selalu kalah dengan agregat skor 2-17.
– Islandia baru sekali tampil di Stade de France dan kalah 2-3 dalam Kualifikasi Euro 2000.

ADU PENALTI
– Prancis telah 6 kali melakoni adu penalti di turnamen mayor dengan rekor 3 kali menang dan 3 kali kalah. Kekalahan terakhir terjadi di final Piala Dunia 2006. Kala itu, Prancis kalah adu penalti 3-5 dari Italia.
– Islandia belum pernah melakoni adu penalti. (epr/JPNN)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top