Belum Dapat THR? Ayo Lapor ke Posko Kemenaker – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Nasional

Belum Dapat THR? Ayo Lapor ke Posko Kemenaker

kendaripos.fajar.co.id, JAKARTA- Pemberian THR keagamaan bagi para pekerja memasuki batas akhir pada Selasa (28/6). Setiap buruh berkesempatan melaporkan perusahaan yang lalai memberikan tunjangan wajib tersebut ke posko pengaduan THR Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker).

duit

Tidak hanya di Jakarta, posko pengaduan tersebut juga menyebar di seluruh daerah. Melalui Surat Edaran (SE), Kemenaker telah mengimbau gubernur dan bupati/walikota untuk mendirikan posko pengaduan di wilayah masing-masing.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, Kemenaker mestinya juga melakukan inspeksi mendadak ke perusahaan-perusahaan untuk memastikan seluruh buruh mendapat THR sebelum H-7 Lebaran. ”Jangan hanya membentuk posko saja,” ujarnya di Jakarta, kemarin.

Menurut Said, pemerintah harus turun ke lapangan dan menelusuri modus perusahaan yang terindikasi ogah memberikan THR. Catatan KSPI, masih ada perusahaan yang memecat dan memutus kontrak karyawan pada Ramadan tahun ini. Pemecatan itu diduga kuat untuk menghindari pembayaran THR. ”Ini modus yang berulang-ulang terjadi setiap tahun,” ungkapnya.

Dengan catatan itu, KSPI mendesak pemerintah memberikan sanksi lebih tegas terhadap perusahaan yang lalai memberikan THR. Tidak hanya sanksi administratif, kata dia, tapi juga pidana dan perdata. KSPI juga meminta ketentuan batas akhir pemberian THR dimajukan dari sebelumnya H-7 menjadi H-30. ”Juga buat larangan perusahaan tidak boleh memutus hubungan kerja pada H-30 sampai H+15,” imbuhnya.

Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial (PHIJS) Haiyani Rumondang belum mau berkomentar soal modus perusahaan yang diungkap KSPI tersebut. Namun demikian, Haiyani sebelumnya meminta setiap permasalahan THR segera dilaporkan ke posko yang telah dibentuk. (tyo/jpg)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top