MIRIS! 500 PNS di Sultra Berijazah Palsu – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

MIRIS! 500 PNS di Sultra Berijazah Palsu

Ilustrasi ijazah palsu

Ilustrasi ijazah palsu

kendaripos.fajar.co.id,KENDARITemuan tim terpadu Badan Kepegawaian Daerah (BKD) se-Sulawesi Tenggara ini sungguh mengejutkan.

Setelah dilakukan verifikasi ijazah Aparatur Sipil Negara (ASN), disimpulkan ada 500 PNS yang menggunakan ijazah palsu. Mereka tersebar di seluruh Sultra. Ijazah tersebut digunakan untuk mengurus kenaikan pangkat dan jabatan.

Sekprov Sultra, Lukman Abunawas mengungkapkan, dari 17 kabupaten/kota, hanya Kota Kendari yang dinilai bersih dari penggunaan ijazah palsu.

Sayangnya, Lukman Abunawas tidak menyebutkan secara rinci dimana PNS berijazah palsu itu mengabdi.

“Semuanya di luar Kendari. Di sini (Kendari) tidak ditemukan PNS yang menggunakan ijazah palsu dalam hal penyesuaian golongan dan kedudukan,” katanya.

Proses identifikasi 500 PNS berijazah palsu itu, lanjut mantan Bupati Konawe itu, dilakukan selama 3 bulan. Dari jumlah itu, pengguna ijazah palsu banyak ditemukan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Kesehatan.

Penelusuran itu akan dirampungkan pada Juli mendatang. Angka 500 tersebut diperkirakan akan terus meningkat karena masih ada 12 SKPD yang belum diperiksa.

Lukman menambahkan, kebanyakan pegawai yang terindikasi menggunakan ijazah palsu berasal dari non-eselon dengan menggunakan ijazah Diploma III dan Sarjana.

“Saat ini, kami masih terus menyisir PNS yang diduga menggunakan ijazah palsu. Dari 53 SKPD, baru 41 SKPD yang sudah diperiksa. Persentasenya baru 65 persen. Sisanya dirampungkan usai lebaran,” bebernya.

Sementara untuk proses pemberian sanksi, kata dia, 500 PNS itu akan diturunkan pangkatnya sesuai dengan pangkat dasar. Misalnya, jika ijazah palsu digunakan untuk pangkat 3a, yang bersangkutan akan dikembalikan ke pangkat dasarnya 2b. (jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top