Waduh, KPK Bingung Pelihara 30 Ekor Sapi Sitaan – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Waduh, KPK Bingung Pelihara 30 Ekor Sapi Sitaan

kendaripos.fajar.co.id, JAKARTA- Penyitaan harta korupsi yang dilakukan KPK kali ini agak berbeda dan unik. Lembaga anti rasuah itu menyita 30 ekor sapi terkait kasus pencucian uang yang dilakukan Bupati Subang, Ojang Sohandi. Kini KPK tengah bingung merawat barang sitaan itu agar nilainya tak turun.

ilustrasi

ilustrasi

Pelaksana Harian Kabiro Humas KPK Yuyuk Andriati mengatakan penyitaan sebagai pengembangan dari penyidikan kasus tindak pidana pencucian uang yang dilakukan Ojang. Selain sapi, penyidik juga menyita dua eskavator. “Eskavatornya sudah kami titipkan ke Rubasan (rumah penitipan barang sitaan) di Indramayu. Kalau sapinya masih ada di peternakan,” kata Yuyuk di Jakarta, kemarin (24/6).

Yuyuk mengaku KPK masih memikirkan tindak lanjut dari penyitaan sapi tersebut. Sebab bagaimana pun barang yang disita itu merupakan mahluk hidup yang rentan mati jika tidak dipelihara dengan benar. Apalagi selama ini KPK dan penegak hukum lain kerap abai merawat barang sitaannya. “Kemungkinan tetap akan di sana dan biaya pemeliharaannya masih kita pikirkan,” terang Yuyuk.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan pihaknya masih mencari cara agar nilai dari sapi itu tetap terjaga. Kemungkinan KPK akan menjual puluhan sapi itu dengan harga pasar. “Uangnya kita tempatkan di bank, jika nanti pengadilan memutuskan barang bukti itu harus dikembalikan ya uangnya kita belikan sapi lagi,” terangnya. Dengan sedikit bercanda, Saut mengatakan sapi yang akan dijual itu harus diperhatikan kondisinya termasuk yang tengah mengandung.

Sebagaimana diketahui, Ojang merupakan tersangka korupsi yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Dia ikut ditangkap terkait kasus penyuapan pengaturan perkara korupsi BPJS yang sedang ditangani Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat. Selain terjerat penyuapan, Ojang juga dijerat kasus gratifikasi. Tak hanya itu, pasal pencucian uang juga dikenakan pada pejabat 37 tahun tersebut.(gun)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top