DPR Setuju Tito Karnavian Jadi Kapolri – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

DPR Setuju Tito Karnavian Jadi Kapolri

Tito Karnavian, calon tunggal Kapolri

Tito Karnavian, calon tunggal Kapolri

kendaripos.fajar.co.id,JAKARTA—Komjen Tito Karnavian disetujui seluruh anggota fraksi di komisi III DPR sebagai Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri).

Bersandingan dengan itu, mereka juga menyetujui pemberhentian Jenderal Badrodin Haiti.

Sesuai surat resmi yang dikirimkan ke DPR, Presiden Joko Widodo sekaligus meminta persetujuan pemberhentian secara hormat Badrodin Haiti sebagai Kapolri.

“Berdasarkan pertimbangan pandangan dan catatan yang disampaikan fraksi, seluruh anggota komisi III DPR secara mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal Badrodin Haiti dan menyetujui pengangkatan Komjen Tito Karnavian,” tutur Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo di akhir fit and proper test Tito di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (23/6/2016).

Untuk kelanjutannya, keputusan itu akan ditetapkan dalam rapat paripurna pekan depan.

“Pada 27 Juni, Senin mendatang,” sebut politikus Golkar itu.

Sebelumnya, pada 15 Juni, DPR menerima surat presiden terkait penunjukkan Tito sebagai calon tunggal Kapolri. ‎Secara khusus, Jokowi meminta agar surat tersebut diproses secara cepat.

Lantas, surat tersebut dibacakan pada paripurna DPR pada Senin (20/6) dengan menunjuk komisi III DPR untuk melakukan fit and proper test Tito.

Keesokannya, komisi hukum itu memanggil sejumlah kementerian dan lembaga untuk mendengar masukan terkait rekam jejak mantan Kadensus 88 itu. Diantaranya, Kemenkum HAM, Kompolnas, KPK, dan PPATK.

Pada rapat dengar pendapat itu, dilontarkan pandangan baik terhadap Tito. Bahkan, Ketua Kompolnas Luhut Binsar Pandjiatan mengatakan Tito nyaris sempurna.

KPK dan PPATK pun menyatakan mantan kepala BNPT itu bersih. Hal inilah yang memantapkan seluruh fraksi untuk menyutujui pencalonan mantan Kapolda Papua itu.

Dukungan itupun ditunjukkan dengan sikap ramah komisi III DPR saat berkunjung ke rumah Tito kemarin. Hingga hari ini, semua menyetujuinya untuk menjadi Kapolri.(dna/JPG)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top