BPSPL Luncurkan Aplikasi Hewan Laut Dilindungi – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

BPSPL Luncurkan Aplikasi Hewan Laut Dilindungi

kendaripos.fajar.co.id, KENDARI-Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Unit Pelaksana Teknis dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Balai Pengelolaan Sumber Pesisir dan Laut (BPSPL) Makassar telah membuat aplikasi di handphone android untuk memudahkan pengiriman laporan dari masyarakat, khususnya tentang keberadaan jenis-jenis biota laut dilindungi dan terancam punah.

Perwakilan BPSPL Makassar, Agustini menjelaskan, aplikasi ini diberi nama SI DIDI (Sistem Informasi Data Ikan Dilindungi) yang dapat diunduh atau diinstal melalui Playstore Smartphone dengan kata kunci SI DIDI. Setelah menginstal, sebelum menggunakan aplikasi tersebut, pengguna handphone harus melakukan registrasi atau pendaftaran, dengan mengisi form yang telah disediakan.

“Kalau sudah mendaftar baru bisa masuk ke fitur SI DIDI,” jelasnya, kemarin. Ada 18 jenis ikan yang akan ditampilkan aplikasi tersebut yaitu jenis Napoleon, Penyu, Tukik, Banggai Cardinal Fish, Hiu, Paus/Lumba-Lumba, Karang Hidup/Mati, Hiu Paus, Mola-mola, Teripang, Pari Manta, Dugong, Kuda Laut, Bambu Laut, Kima, Sidat, Hiu dan Labi-labi. ” Jadi bila menemukan ikan yang terdapat dalam gambar, kami meminta kepedulian masyarakat untuk kerja sama melaporkan jenis ikan apa saja yang dilindungi, masih hidup atau sudah mati,” harap Agustini.

Selain itu pula, sistem pelaporan langsung melalui website juga bisa dilakukan melalui web, bpspl-makassar.net. Di website tersebut masyarakat juga bisa langsung melihat peta sebaran jenis-jenis ikan dilindungi yang ada di Sulawesi, termasuk di daerah ini.

“Bagi masyarakat yang aktif memberikan informasi melaluai aplikasi lebih dari 20 data yang akurat dan valid, maka akan mendapatkan reward dan aspirasi dari BPSPL Makassar. Salah satunya akan diikutsertakan dalam kegiatan monitoring populasi jenis-jenis ikan dilindungi dan terancam punah di beberapa lokasi menggunakan metode yang sederhana dan mendapatkan beberapa fasilitas penunjang,” janjinya. (c/p2)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top