Kalahkan Rumania, Albania Pupus Penantian 68 Tahun – Kendari Pos –
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Olahraga

Kalahkan Rumania, Albania Pupus Penantian 68 Tahun

 Albania meraih kemenangan pertama di putaran final Euro. FOTO: AFP


Albania meraih kemenangan pertama di putaran final Euro. FOTO: AFP

kendaripos.fajar.co.id,LYON – Fantastis. Satu kata yang pas untuk menggambarkan performa Albania saat mengalahkan Rumania 1-0 pada Senin (20/6/2016) dini hari WIB. Gol tunggal Armando Sadiku pada menit ke-44 lewat sundulan usai memanfaatkan umpan Ledian Memushaj cukup untuk mengukir sejumlah rekor.

Albania akhirnya meraih kemenangan atas Rumania setelah 68 tahun lamanya. Perlu diketahui, kemenangan terakhir Albania atas Rumania sebelum laga ini adalah pada 1948.

Selain itu, untuk kali pertama pula Albania mampu meraih kemenangan dalam laga di putaran final Euro. Ini merupakan untuk pertama kali dalam sejarah, mereka lolos ke putaran final Euro.

Tentu saja, sang pencetak gol, Armando Sadiku, juga masuk dalam sejarah sepak bola Albania sebagai pemain pertama yang mampu mencetak gol di turnamen Euro.

Dalam laga tersebut, Albania memang kalah dalam penguasaan bola. Sepanjang laga mereka hanya memiliki 41 persen ball possessions. Tapi, bukan berarti mereka lebih banyak bertahan. Faktanya, Albania mampu melepaskan 14 tembakan ke gawang. Jumlah itu hanya lebih sedikit dua tembakan dari Rumania.

Selain itu, Albania juga mampu tampil efektik karena 6 tembakan di antaranya mampu tepat sasaran. Sedangkan Rumania yang melepaskan 16 tembakan hanya 3 yang mengarah ke gawang.

Kelebihan Albania tetap dalam hal pertahanan. Barisan belakang mampu tampil disiplin dan membuat penyerang Rumania Frustrasi. Wajar jika defender Arlinj Ajeti mendapat predikat man of the match.

“Kami membuktikan bahwa dengan perjuangan keras, kami akhirnya meraih kemenangan. Ini untuk seluruh rakyat Albania. Kini, kami menunggu hasil pertandingan di grup lain apakah kami bisa melaju atau tidak. Terlepas dari itu, kami tetap bangga,” sebut Ajeti kepada Uefa.com.

Dengan kemenangan ini, Albania mendapat 3 angka dan berhak duduk di posisi ketiga klasemen akhir Grup A. Namun, mereka masih harus menunggu laga di grup lain untuk mengetahui apakah 3 poin yang diraih mereka mampu menempatkan tim asuhan Gianni De Biasi tersebut sebagai satu di antara empat tim berperingkat ketiga terbaik. (epr/JPNN)

Rumania (4-2-3-1): Tătărușanu; Săpunaru, Chiricheș, Grigore, Matel; Prepeliță (Sanmartean 46), Hoban; Popa (Andone 68), Stanciu, Stancu; Alibec (Torje 57)
Pelatih: Anghel Iordanescu

Albania (4-5-1): Berisha; Hysaj, Arlind Ajeti, Mavraj, Agolli; Lila, Memushaj, Basha (Cana 83), Abrashi, Lenjani (Roshi 78); Sadiku (Balaj 58)
Pelatih: Gianni De Biasi

Skor: 0-1
Pencetak gol: Sadiku 44
Wasit: Pavel Královec (Rep. Cheska)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top