Selewengkan UP, Sekab Busel Divonis 1 Tahun Penjara – Hacked by TryDee
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Selewengkan UP, Sekab Busel Divonis 1 Tahun Penjara

kendaripos.fajar.co.id, KENDARI– Ahmad Zakir yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Kabupaten (Sekab) Buton Selatan (Busel) dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana korupsi. Bersama terdakwa lainnya, Mbaria, kedua terdakwa penyelewengan uang persediaan (UP) di Lingkup Sekretariat Daerah Kota Baubau pada tahun 2008-2011 saat menjadi bendahara pengeluaran, divonis 1 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Kendari.

korupsi

Ahmad Zakir dan Mbaria juga diharuskan membayar uang denda sebesar Rp 50 juta atau subsider 1 bulan penjara.
Majelis Hakim yang diketuai Andri Wahyudi, SH menganggap, kedua terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersama-sama melakukan penyalahgunaan kewenangan sarana dan prasarana, sehingga menguntungkan diri sendiri atau korporasi. Kedua terdakwa menurut Andri terbukti meminjam uang negara tanpa melalui mekanisme pencairan dana hingga merugikan sebesar Rp 431 juta lebih.

Karena pada sidang tiga pekan sebelumnya, Mbaria dan Ahmad Zakir telah mengajukan bukti pengembalian uang negara itu, maka majelis hakim dalam putusannya tak membebankan uang pengganti lagi. Untuk Mbaria, uang diserahkan langsung ke Kas Daerah sebanyak Rp 128 juta dan Rp 115 juta. Sementara Ahmad Zakir menyerahkan uang negara tersebut ke kejaksaan sebesar Rp 185 juta.

Humas Pengadilan Negeri Kendari, Purwanto S. Abdulah, SH yang ditemui Kamis (16/6) membenarkan putusan tersebut. Dia berargumen, hukuman keduanya sedikit lebih ringan, sebab modus operandi yang dilakukan tidak terlalu berat. “Perkara keduanya telah berkekuatan hukum tetap,” jelasnya, kemarin. Hukuman itu sendiri memang lebih ringan dari tuntutan jaksa yang sebelumnya mengganjar mereka selama 1 tahun, 6 bulan penjara. (b/p5)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top