PHK Karyawan Tanpa Pesangon, Happy Kiddy Kendari ‘Gigit Jari’ – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Hukum & Kriminal

PHK Karyawan Tanpa Pesangon, Happy Kiddy Kendari ‘Gigit Jari’

kendaripos.fajar.co.id, KENDARI– Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan (Dinsosnakertrans) mengambil langkah tegas dengan melakukan penutupan sebuah tempat usaha Happy Kiddy. Penutupan itu dilakukan setelah beberapa kali mendapat teguran karena melanggar undang-undang ketenagakerjaaan seperti melakukan pemutusan hubungan kerja pada karyawan hingga tak membayar gaji dibawah upah minimum provinsi. Terbaru, perusahaan yang bergerak dibidang jasa hiburan dan permainan anak-anak itu memecat 16 karyawan tanpa alasan jelas.

hk

Kepala Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan Dinsosnakertrans Kota Kendari , Laode Darmansyah mengatakan, penutupan tempat usaha tersebut sudah sesuai aturan ketenagakerjaan nomor 13 tahun 2003. “Teguran yang kami berikan sebelumnya tidak diindahkan,” jelasnya, kemarin. Sayangnya meski sudah menyatakan ketegasan untuk ditutup, namun pihak Dinsosnakertrans justru masih harus menunggu hasil koordinasi dari manajemen perusahaan itu. “Untuk sementara, kami tunggu dulu keputusan managernya. Apakah akan mereka tutup sekarang atau bagaimana. Tapi tetap harus ditutup, karena ini sudah melanggar,” tegasnya.

Menurut Darmansyah, perusahaan tersebut memang pantas ditutup karena telah melakukan dua pelanggaran sekaligus dan tak kooperatif. “16 karyawan tetap dipecat tanpa pesangon dan gaji standar UMP selama 2 tahun bekerja tidak pernah dibayarkan. Mereka memecat lalu rekrut karyawan baru lagi, kan itu tidak benar,” sorotnya. Sementara itu, HRD Happy Kiddy, Mega belum mau berkomentar banyak menyikapi keputusan pihak Dinsosnakertrans tersebut. “Kami rundingkan dulu kepada manager kami di pusat,” ujarnya dalam pertemuan itu. (b/p5/p3)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top