Empat WNA Malaysia Segera Dideportasi – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Hukum & Kriminal

Empat WNA Malaysia Segera Dideportasi

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Warga negara asing (WNA) yang terjaring oleh Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) pada 31 Mei hingga 2 Juni lalu akan segera dideportasi. Pihak Imigrasi Kelas I Kendari kini sedang mempersiapkan pemulangan empat dari enam WNA tersebut. Sebelumnya, warga asing yang terjaring diidentifikasi bernama Shi Zhifu (48) dan Ding Fencai (55) asal Tiongkok serta Abu Bakar Bin Ishak (61), Sinniah Karuppiah (65), Nordin Bin Teppo (46) dan Ahmad Tamidzi Bin Ismail (54) asal Malaysia.

Kepala Sub Seksi Penindakan Keimigrasian Kendari, Ruspian Efendi yang ditemui Selasa (14/6) mengatakan, setelah melakukan pemeriksaan pada WNA tersebut, pihaknya memutuskan melakukan deportasi kepada lima WNA, satu asal Tingkok dan keempat dari Malaysia. “Satu WNA bebas bersyarat yaitu Shi Zhifu (48) karena memiliki dokumen lengkap. Sementara Ding Fencai sudah kami deportasi beberapa hari lalu setelah diperiksa. Sementara empat WNA Malaysia sedang dalam proses pendeportasian, dalam waktu dekat akan dilakukan,” jelas Ruspian, kemarin.

Ia juga mengaku, alasan pendeportasian pada empat WNA Malaysia karena kegiatan yang mereka lakukan berbeda dengan izin yang dimiliki. “Mereka juga belum mempunyai kontrak dengan perusahaan atau tidak ada sponsor. Mereka menggunakan visa bisnis yang tidak sesuai dengan kegiatan mereka di lapangan yaitu melakukan survei. Kontrak dengan PT Surya Prima Lestari perusahaan Kelapa Sawit di Kabupaten Konut, belum mereka kantongi,” sambungnya.

Ruspian mengaku, pihaknya tak bertoleransi dalam melakukan deportasi untuk memberi pelajaran kepada WNA yang akan datang di Sultra. “Mereka harus melengkapi dokumennya dan mematuhi aturan. Kalau tidak, kami akan segera bertindak secara tegas. Bukan hanya deportasi, kami bisa juga menjerat dengan hukum pidana,” tandasnya. (KENDARIPOS)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top