Danrem 143 Haluoleo Resmi Berganti, Ini Harapan Pangdam VII Wirabuana – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Sulawesi Tenggara

Danrem 143 Haluoleo Resmi Berganti, Ini Harapan Pangdam VII Wirabuana

Acara serah terima jabatan Danrem 143 Haluoleo di Makodam Wirabuana Makassar, Selasa malam (14/5/2016)

Acara serah terima jabatan Danrem 143 Haluoleo di Makodam Wirabuana Makassar, Selasa malam (14/5/2016)

kendaripos.fajar.co.id,MAKASSAR—Serah terima jabatan Komandan Resort Militer (Danrem) 143 Haluoleo (HO) Kendari berlangsung di Kodam VII Wirabuana, Makassar, Selasa malam (14/6/2016). Pergantian tampuk pimpinan Korem 143 HO Kendari dari Kolonel Czi Rido Hermawan kepada Kolonel Inf Immanuel Ginting dipimpin langsung oleh Pangdam VII Wirabuana, Mayor Jenderal (Mayjend) TNI Agus Surya Bakti. Pangdam menginstruksikan kepada Kolonel Inf Immanuel Ginting agar mempermantap sinergitas dengan instansi terkait di Sultra.

Mayjend TNI Agus Surya Bakti mengungkapkan, pelaksanaan serah terima jabatan ini merupakan bagian dari pola pembinaan karier perwira dan mekanisme dalam institusi TNI. Tujuannya, untuk meningkatkan kualitas satuan sehingga lebih efektif dalam melaksanakan tugas pokoknya. Disisi lain, pergantian jabatan bukan hanya sebagai prosesi pergantian personel semata, tetapi lebih bermakna substansial, yaitu suatu proses kesinambungan pembinaan personel dan pembinaan satuan.

“Perlu dipahami, bahwa sistem pembinaan karier prajurit di lingkungan Kodam VII/Wirabuana, sudah diatur dan ditetapkan berdasarkan kriteria yang ketat untuk promosi jabatan bagi seorang perwira. Suatu jabatan hanya diberikan bagi perwira yang mampu menunjukkan moralitas, prestasi dan dedikasi yang tinggi dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab jabatannya,” ungkap Mayjend TNI Agus Surya Bakti melalui realisenya ke Kendari Pos, tadi malam.

Hal ini, lanjutnya, sudah menjadi persyaratan mutlak yang harus dipenuhi bagi seorang perwira agar dapat dipromosikan sebagai Danrem. Danrem merupakan jabatan strategis di jajaran TNI Angkatan Darat yang dijabat oleh perwira terpilih, sehingga diharapkan mampu menghadapi tantangan dan permasalahan yang semakin kompleks dalam konteks area yang lebih luas cakupannya. Jabatan ini merupakan suatu kehormatan dan kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan TNI AD yang harus dijunjung tinggi. Mengingat suatu jabatan selain dipertanggungjawabkan kepada negara, juga harus dapat dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhan Yang Maha Esa

“Sebagai salah satu komando kewilayahan dalam jajaran Kodam VII/Wirabuana, Korem 143/Haluoleo memiliki tugas penting dalam mewujudkan ketahanan wilayah di jajarannya. Untuk melaksanakan tugas mulia ini, maka Korem 143/Haluoleo beserta jajarannya harus secara terus menerus berupaya membangun kemampuan dan kekuatannya, sehingga prajurit dan satuan di jajaran Korem 143/Haluoleo semakin tangguh dan profesional dalam menjalankan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya,” terang Pangdam VII Wirabuana.

Dengan demikian, pembinaan kemampuan dan kekuatan yang telah dilaksanakan selama ini, hendaknya lebih ditingkatkan, sehingga mampu mewujudkan kesiapan operasional satuan. Bukan saja untuk kepentingan tugas-tugas operasi militer untuk perang, tetapi juga untuk keberhasilan tugas-tugas operasi militer selain perang, khususnya pelaksanaan tugas perbantuan kepada pemerintah dan Polri sebagaimana peran, fungsi dan tugas-tugas yang telah diamanatkan oleh konstitusi.

Lebih jauh Pangdam berharap, begitu luasnya wilayah Korem 143 Haluoleo dengan wilayah daratan seluas 3.814.000 HA yang meliputi 15 kabupaten dan 2 kota. Selain itu, banyaknya daerah-daerah terpencil yang tersebar di beberapa kepulauan dan berada di ALKI III yang berbatasan dengan provinsi Maluku dan di sebelah barat laut Banda berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Timur, maka wilayah ini sangat berpotensi terjadinya infiltrasi musuh yang cukup rawan. Di sisi lain, Provinsi Sulawesi Tenggara juga memiliki potensi kekayaan alam seperti tambang yang cukup besar sehingga hal tersebut sangat berpengaruh besar terhadap kondisi sosial masyarakat.

“Danrem 143 Haluoleo yang baru dan seluruh unsur Komandan Satuan di jajarannya agar secara terus menerus menciptakan kerja sama dengan instansi terkait dan seluruh komponen masyarakat. Sehingga terwujud suatu kerja sama yang bersinergi, yang mampu menangani setiap permasalahan yang terjadi di wilayahnya secara komprehensif dan terintegrasi dengan berbagai pihak yang terkait,” katanya. Seiring dengan kompleksitas ancaman yang terjadi dewasa ini, Korem 143 Haluoleo dituntut mampu mengatasi berbagai permasalahan atau ancaman di wilayah jajarannya dengan mengoptimalkan fungsi pembinaan teritorial yang tepat dan terarah.

“Saya mengharapkan kepada Kolonel Inf Immanuel Ginting SE agar mengemban kepercayaan dan kehormatan ini dengan penuh rasa tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi. Satu hal yang harus selalu melekat dan dimiliki sebagai seorang prajurit dalam melaksanakan tugas pokok adalah loyalitas, moralitas dan integritas yang baik. Saya secara pribadi dan atas nama komando menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Kolonel Czi Rido Hermawan MSc atas pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya sebagai Danrem 143/Haluoleo selama ini. Selanjutnya kepada Kolonel Inf Immanuel Ginting SE, saya ucapkan selamat atas kepercayaan yang diberikan oleh Pimpinan TNI Angkatan Darat untuk menjabat sebagai Danrem 143/Haluoleo,” jelasnya. (kendaripos)

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top