Bea Cukai Musnahkan Ribuan Botol Miras Sitaan – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Hukum & Kriminal

Bea Cukai Musnahkan Ribuan Botol Miras Sitaan

ratusan botol minuman keras yang siap dimusnahkan

ratusan botol minuman keras yang siap dimusnahkan

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Setelah berhasil menangkap ribuan botol minuman keras (Miras) ilegal berbagai merek, aparat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kanwil Sulawesi Cabang Kendari, melakukan memusnakan, Selasa (14/6/2016). Tercatat 6 ribu botol Miras jenis Jenever dihancurkan menggunakan alat berat di halaman Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai tipe Madya Pabean C Kendari. Diperkiraan, nilai barang sitaan yang dimusnahkan tersebut sebesar Rp 250 juta. Dengan dugaan nilai itu, potensi penerimaan negara yang berhasil diselamatkan sekitar Rp 132 juta.

“Ribuan botol miras tersebut adalah bentuk penindakan terhadap barang kena cukai (BKC) sebanyak 12 kali diperiode Januari hingga Mei tahun ini. Penindakan tersebut dilakukan di daerah Kota Baubau dan Kendari. Barang ini kami amankan di daerah By Pass saat setelah adanya laporan. Jumlahnya sekitar 5 ribu botol dan ditambah lagi dari daerah lain, makanya jumlah ada 6 ribu botol,” rinci Kepala Kanwil Bea dan Cukai Kendari, Hendrik.

Saat ditanya mengapa hanya distributor yang ditindaki sementara pemilik pabrik Miras tak tersentuh padahal berada di Makassar, Hendrik beralasan, pihaknya sementara menyusun strategi untuk langkah tersebut. “Koordinasi antar instansi bea cukai di wilayah Sulawesi terus juga dilakukan, termasuk bekerjasama dengan TNI serta Polri,” tegasnya. Kata Hendrik, dampak positif yang diharapkan dari pengawasan itu terhadap BKC baik rokok dan Miras adalah pengamanan penerimaan negara dan sektor cukai, melindungi masyarakat Indonesia khususnya Sultra dan Kendari dari minuman ilegal yang berdampak pada kesehatan konsumen. Sementara untuk para pedagang rokok dan Miras ilegal hanya diberi pembinaan. (egy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top