Awas! Bahan Makanan Kedaluwarsa Masih Beredar – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Hukum & Kriminal

Awas! Bahan Makanan Kedaluwarsa Masih Beredar

 

kendaripos.fajar.co.id,Rumbia Masyarakat Bombana yang kerap berbelanja makanan atau minuman kemasan harus lebih waspada. Sebab, masih banyak pedagang atau pengusaha yang menjual produk makanan dan minuman kemasan melebihi tanggal kedaluwarsa. Hal ini terbukti dengan hasil inspeksi dadakan (sidak) yang dilakukan tim gabungan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Penanaman Modal (Perindagkop dan PM), Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Bombana serta Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Sultra, kemarin.

expe

Dari sidak tersebut, tim gabungan setidaknya menemukan seratusan makanan dan minuman kemasan yang expired.
Makanan dan minuman itu ditemukan masih tersusun rapi di etalase sejumlah toko di wilayah Rumbia, ibukota Kabupaten Bombana. Diantaranya berbagai jenis minuman bersoda, susu bayi, roti basah dan kering, kecap, permen, susu kaleng serta minuman. Dari operasi tersebut, diambil kesimpulan jika pedagang maupun penjaga toko lalai atau masih mengesampingkan tanggal kedaluwarsa produk makanan dan minuman.

“Yang kami temukan itu terdiri dari berbagai merek makanan dan minuman. Kami lihat kemasan memang masih tertutup rapat. Tapi saat dilihat secara detail, pada tanggal atau tahun sudah kelewat batas masa konsumsi,” kata Santi, SH.,MM, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindagkop dan PM Bombana, usai memimpin razia di tujuh toko di Rumbia, kemarin.

Makanan dan minuman kedaluwarsa yang mereka temukan itu langsung diamankan dan dimusnahkan ditempat. Pihaknya juga langsung melakukan klarifikasi kepada pihak toko terkait barang jualannya yang sudah tak layak konsumsi itu. Mereka mengaku lalai dalam meneliti barang dagangannya. “Kami sudah diklarifikasi itu memang adanya kelalaian, bukan kesengajaan. Barang kami sita dan pihak toko sudah kami beri peringatan,” sambungnya.
Santi mengaku, razia makanan dan minuman kedaluwarsa rutin dilakukan setiap tahunnya menjelang Ramadan dan lebaran. Untuk tahun ini, razia dilaksanakan dengan membentuk tiga tim dan melibatkan Dinas Kesehatan dan BPOM Sultra.

Kepala BPOM Sultra, Dra Adilah Pababbari, Apt, MM mengatakan makanan dan minuman kedaluwarsa yang ditemukan di Bombana masih lumayan banyak. Masalah seperti itu kata dia, hampir terjadi disemua wilayah, apalagi menjelang ramadan atau lebaran.

Atas temuannya itu, Adilah mengimbau kepada semua lapisan masyarakat agar menjadi konsumen yang cerdas saat membeli produk-produk makanan maupun minuman. Sebelum membeli, konsumen harus mengecek kemasannya, apakah rusak atau tidak serta bocor atau tidak. Setelah itu, cek izin edarnya, apakah sudah teregistrasi di BPOM atau Dinkes, dan yang terakhir cek tanggal kedaluwarsanya. “Semua ini harus diperhatikan konsumen agar aman membeli produk makanan dan minuman setiap kali melakukan aktivitas jual beli,” pintanya. (Nur/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top