Ujian Masuk PTN Dikawal Pasukan Antiterorisme – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Internasional

Ujian Masuk PTN Dikawal Pasukan Antiterorisme

Pelajar persiapan ujian Gaokao di Tiongkok. Foto: www.china.org.cn

Pelajar persiapan ujian Gaokao di Tiongkok. Foto: www.china.org.cn

kendaripos.fajar.co.id,BEIJING—Jutaan orang tua di Tiongkok terus-menerus berdoa dengan khusyuk. Harapannya, anak mereka bisa lolos gaokao, ujuan nasional untuk masuk ke berbagai universitas negeri.

Mirip dengan seleksi bersama nasional per­guruan tinggi nasional (SBM PTN) di Indonesia. Mereka yakin gaokao menjadi jalan pembuka kesuksesan bagi para buah hatinya.

Tahun ini aturan baru diterapkan. Mereka yang kedapatan berbuat curang bisa diancam hukuman penjara. Selama ini calon mahasiswa dan orang tuanya dikenal menghalalkan segala cara agar lolos gaokao. Mulai cara yang legal hingga ile­gal.

Tetapi, pemerintah Tiongkok memastikan tahun ini penjagaan sangat ketat. Mereka bahkan melibatkan pasukan antiterorisme untuk mengawal gaokao.

Saking masifnya Gaokao, ilmuwan populer macam Stephen Hawking ikut berkomentar. ”Jangan pernah takut. Ini adalah awal masa depanmu yang cerah,” tulis Hawking melalui akun Weibo miliknya. (jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top