Biaya Haji Berkurang Rp 2,5 Juta – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Metro Kendari

Biaya Haji Berkurang Rp 2,5 Juta

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin memastikan biaya haji tahun ini turun sekitar 132 Dolar AS. Hitungannya, jika pada 2015 lalu mencapai 2.717 Dolar AS, maka musim haji tahun ini menjadi 2.585 Dolar AS pada tahun ini. Dampak penurunan itu juga ikut dirasakan jamaah calon haji (JCH) asal Sultra. Biaya haji tahun ini setelah dikonversi dalam mata uang rupiah, turun sekitar Rp 2,5 juta.

Kepala Seksi Haji Kanwil Kemenag Sultra, Wa Masi yang ditemui Rabu (8/6/2016) membenarkan hal tersebut. “Kalau yang lewat Embarkasi Makassar itu dikenakan pengurangan Rp 2, 5 juta, termasuk kita di Sultra. Yang paling murah itu Aceh, totalnya hanya sekitar Rp 35 jutaan, karena Embarkasinya lebih dekat dengan Jeddah,” jelas wanita berjilbab itu.

Untuk diketahui biaya naik haji di Sultra sebelumnya sebesar Rp 40 juta lebih. Setelah mengalami penurunan, jamaah hanya akan menyetor sebesar Rp 38 jutaan. “Saat ini jamaah masih proses pelunasan, masih ada waktu hingga 10 Juni nanti,” tambahnya.

Kasi Haji Kemenag Kota Kendari, Sunardin juga mengaku penurunan biaya haji itu sudah disosialisasikan ke seluruh calon jamaah. “Semuanya sudah tahu, karena kebijakan penurunan ini telah ada sebelum jadwal pelunasan, sehingga informasi ini sudah diketahui jamaah. Mereka hanya bayar Rp 38 juta kalau tahun kemarin kan lebih dari Rp 40 juta,” ungkapnya.

Kata dia, penurunan ongkos haji itu disambut gembira oleh calon jamaah. Selain meringankan beban jamaah, bila pun dananya sudah ada maka akan dialihkan sebagai biaya lokal. “Tapi kalau biaya lokalnya ditanggung pemerintah, maka kelebihan itu akan kita kembalikan ke jamaah,” tandasnya. (ely)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top