PILREK UHO! Ini Harapan Rektor Prof Usman Rianse – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

PILREK UHO! Ini Harapan Rektor Prof Usman Rianse

Usman Rianse dan Muh Zamrun, bersama Wa Kuasa Baka dan istri Muh Zamrun (paling kari)

Usman Rianse dan Muh Zamrun, bersama Wa Kuasa Baka dan istri Muh Zamrun (paling kari)

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Rektor UHO, Prof Usman Rianse berharap Pilrek bisa berjalan dengan baik. Dia inginkan para kandidat bersaing secara sehat. Jangan ada yang menggunakan cara-cara tidak halal hanya demi mendapatkan dukungan. “Saya ingin semua kandidat tidak saling gonto-gontokan, tidak saling sebar isu fitnah yang bisa berpotensi menimbulkan konflik. Berkompetisilah secara sehat,” pesan Prof Usman saat ditemui di UHO, Senin (6/6/2016).

Soal pilihan, mantan Ketua Forum Rektor Indonesia mengaku sudah punya jagoan. Hanya saja, dirinya tidak mungkin memaksa orang lain untuk memilih sesuai pilihannya. Walaupun, dia sangat yakin kalau dukungannya itu adalah orang yang tepat memimpin UHO ke depan. “Secara pribadi, sebagai pemilik hak suara, saya ingin rektor ke depan lebih cekatan, memiliki kemampuan bahasa asing dan jaringan luas. Tidak penting dia bergelar profesor atau doktor, selama memenuhi kualifikasi, saya yakin itu yang terbaik. Intinya, rektor ke depan harus lebih baik dari sebelumnya, termasuk saya,” jelasnya.

Dalam penentuan calon rektor menuju tiga besar, Prof Usman tidak menafikan kalau akan ada keterlibatan tokoh eksternal. Hanya saja, dirinya memastikan hal itu tidak akan terlalu berpengaruh. Sebab, yang menentukan masuk dalam bursa tiga besar adalah investasi mereka selama ini di kampus. Termasuk cara membangun komunikasi dengan anggota senat. “Jelasnya tidak bisa mengandalkan orang lain. Misalnya mengandalkan rektor atau mantan rektor saja. Itu tidak cukup,” katanya.

Anggota senat UHO, kata dia, pasti tidak mudah goyah hanya karena intimidasi maupun iming-iming tertentu. Begitu juga halnya dengan Menristek Dikti yang akan memutuskan satu nama sebagai rektor terpilih. Menurut Prof Usman pasti memiliki referensi terkait ketiga calon tersebut. “Jadi tidak perlu banyak intrik. Lebih baik berdoa saja. Kalau sudah garis tangan, pasti Tuhan akan memberi amanah itu,” pesannya.

Lebih jauh, Prof Usman menjelaskan, rektor UHO ke depan juga harus bisa mengayomi. Tidak boleh dia hanya memperhatikan orang yang memilihnya saat Pilrek. Dia harus mampu merangkul semua golongan. Ingat, UHO ini sangat dinamis dan beragam, sehingga butuh seorang pemimpin bijaksana untuk mengelolanya. Dia mencontohkan, jumlah senat sebagai pemilik suara di UHO hanya 117 orang. Sementara mahasiswa mencapai 52 ribu orang, 1.400 dosen, 1.000 karyawan, plus 200 satpam dan cleaning servis. Nah, kalau hanya mengurusi yang memilih dia, maka institusi tidak akan berjalan maksimal. “Inilah saya maksud, rektor ke depan harus mampu merangkul semua golongan,” terangnya.

Masih menurut Prof Usman, rektor UHO ke depan juga harus bisa melanjutkan tradisi positif yang sudah dilakukan UHO selama ini. Misalnya saja, membangun atmosfir akademik, membangun kebun raya UHO, membuat batik UHO. “Jadi selain UGM, ada juga UHO yang mengelola batik sendiri,” ujarnya.

Secara umum, lanjut Prof Usman, tantangan rektor kedepan lebih berat. Untuk itu, dirinya menegaskan, siapapun yang terpilih, siap bekerja sama dengannya. Terlepas dari, apakah dia masih menduduki jabatan tertentu atau tidak. Tapi selama dibutuhkan untuk kepentingan almamater, dirinya siap membantu. (inong)

Komentar

komentar

1 Comment

1 Comment

  1. aruhamu

    10 Jun 16 14:06 at 14:06

    Mantan dekan preikanan dan kelautan yg memiliki kerjasama luar negeri yang apik, terlihat dari banyaknya staf pengajar yg disekolahkan dan research collaboration, selamat Pak Prof. Laode Muh. Aslan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top