Kelulusan SD Diumumkan Sabtu,11 Juni 2016 – Kendari Pos –
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

Kelulusan SD Diumumkan Sabtu,11 Juni 2016

siswa di Kendari.

siswa di Kendari.

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menuntaskan penilaian hasil Ujian Nasional (UN) 2016 jenjang SMP. Hasil kelulusan SMP siap diumumkan 11 Juni nanti. Kemendikbud berharap nilai UN digunakan untuk pertimbangan masuk SMA.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud Nizam mengatakan, hasil penilaian UN 2016 jenjang SMP telah diserahkan ke pemerintah provinsi (pemprov). ’’Perlu saya tegaskan, nilai UN dari Kemendikbud ini tidak terkait dengan kelulusan,’’ jelasnya di Jakarta kemarin.
Guru besar teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta itu masih belum bersedia membeber hasil penilaian UN SMP. Termasuk juga capaian indeks integritas ujian nasional (IIUN) yang mengikuti penilaian skor UN. Nizam mengatakan secara resmi hasil penilaian UN SMP akan diumumkan Kemendikbud, Jumat depan (10/6).

Berdasarkan peraturan menteri pendidikan soal penerimaan siswa baru, Nizam mengatakan nilai hasil UN SMP harus digunakan pertimbangan seleksi siswa baru di jenjang SMA. Caranya adalah dengan melakukan pemeringkatan pendaftar SMA berdasarkan nilai UN. Nizam menuturkan seleksi masuk SMA menggunakan ujian tulis sudah tidak berlaku.

Kepala Balitbang Kemendikbud Totok Suprayitno mengatakan UN 2016 jenjang SMP berjalan dengan lancar. ’’UN SMP yang digelar mulai 9 Mei, diikuti 4,2 juta siswa,’’ kata totok. Dari seluruh peserta itu, Totok menjelaskan ada 155 ribu siswa di 1.005 unit sekolah yang melaksanakan UN berbasis komputer (UNBK).

Totok menuturkan penyerahan hasil penilaian UN SMP sejatinya dilaksanakan Senin kemarin (6/6). Namun karena skoring sudah selesai, proses penyerahan hasil UN SMP dimajukan menjadi Sabtu (4/6). Meskipun penyerahan hasil UN dimajukan, Totok mengatakan pengumuman kelulusan SMP tetap dilaksanakan pada Sabtu depan (11/6).

Mantan kepala biro kepegawaian Kemendikbud itu berharap siswa SMP tidak berlebihan menyambut pengumuman kelulusan. Baginya ungkapan rasa syukur itu wajar, tetapi tidak perlu diluapkan dengan berlebihan. Dia mengingatkan bahwa setelah lulus SMP, masih ada jenjang berikutnya yakni SMA dan sederajat. (wan/jpg)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top