Ada Villa Tak Berizin di Labengki. Siapa yang Bertanggungjawab? – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Ada Villa Tak Berizin di Labengki. Siapa yang Bertanggungjawab?

kendaripos.fajar.co.id, WANGGUDU- Minimnya koordinasi dalam pengembangan Pulau Labengki terus disuarakan. Bukan hanya warga dan DPRD yang mengeluhkan hal itu, Dinas Perizinan dan Penanaman Modal Konut juga mengaku tak mendapat informasi mengenai pembangunan villa di obyek wisata itu. Izin penempatan kawasan di wilayah konservasi Labengki hanya mendapatkan izin dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Namun bangunan yang berdiri diatas lahan konservasi belum mendapatkan legalitas dari pemerintah setempat sebagai pemilik wilayah.

BACA JUGA :  Oh Indahnya Labengki

pulau-labengki-indah-1

Tarik ulur kewenangan membuat Pemerintah Kabupaten Konut mengagendakan pemanggilan pada BKSDA selaku pemberi izin dan investor yang melakukan pengembangan destinasi wisata di wilayah Taman Wisata Alam Laut (TWAL) teluk Lasolo.

“Untuk bangunannya belum ada izin dari pemerintah setempat,” ujar Kepala Badan Perizinan dan Penanaman Modal Konut, Sundu Bao, Jumat lalu.

Makanya untuk membahas persoalan sengketa Labengki, pemerintah daerah telah melakukan pemanggilan pada BKSDA dan investor untuk duduk bersama mendiskusikan masalah wisata Labengki. “Hari Selasa (hari ini, red) kita rapat,” ujarnya.

BACA JUGA :  Oh Indahnya Labengki

Mantan Asisten I Pemda Konut beranggapan dari beberapa bangunan villa yang berdiri diatas lokasi wisata Labengki tak satupun yang sudah mengantongi izin dari pemerintah daerah selaku pemilik wilayah.
Sundu Bao mengaku persoalan izin sepatutnya harus ada koordinasi dan rekomendasi dari pemilik wilayah dalam hal ini pemerintah daerah. “Belum ada izinnya, bagaimana mau ada izinnya, permohonan saja belum ada yang masuk sama kita. Ada kesan BKSDA jalan sendiri,” tohok Sundu Bao.

BACA JUGA :  Oh Indahnya Labengki

Agenda rapat Selasa nanti, lanjut Sundu Bao, pemerintah daerah bersama BKSDA dan investor akan membahas masalah wisata Pulau Labengki, mulai dari sisi kelautan dan perikanan, sektor pariwisata, kehutanan hingga persoalan. (min/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top