Silakan Tetap Konsumsi Cabai saat Sahur dan Berbuka – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Kuliner

Silakan Tetap Konsumsi Cabai saat Sahur dan Berbuka

Makanan Pedas. Ilustrasi Foto: pixabay

Makanan Pedas. Ilustrasi Foto: pixabay

HARI ini umat muslim mulai menjalankan ibadah puasa Ramadan. Banyak sekali anjuran pola makanan sehat.

Salah satunya, para penggemar cabe atau sambel disarankan agar mengurangi makan pedas saat sahur atau berbuka.

“Besok kita memasuki bulan Ramadhan banyak pertanyaan dari pasien apakah saya boleh makan yang pedas saat sahur dan buka. Jawaban saya simpel boleh tetapi tetap tidak boleh berlebihan,” ujar praktisi kesehatan dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, Ari F Syam, dalam keterangannya Minggu (5/6/2016).

Dikatakan, sambel atau cabe memang sudah menjadi bahan makanan yang tidak terpisahkan buat sebagian masyarakat Indonesia.

“Menjelang Ramadhan pada berbagai kesempatan ada saja anjuran untuk mengurangi yang pedas-pedas terutama saat sahur, saya setuju untuk mengurangi tapi tidak perlu stop sama sekali,” ujar dokter yang dekat dengan kalangan jurnalis itu.

Dipaparkan, sabe sendiri kaya akan zat gizi,  mengandung serat, vitamin khususnya vitamin C, vitamin A,mineral dan anti oksidan. Selain itu cabe juga mengandung capsaisin. Capsaisin ini yang menyebabkan rasa pedas pada cabe tersebut.

Manfaat capsaisin sendiri dapat meningkatkan nafsu makan, merangsang buang air besar, serta karena bersifat analgetik juga membantu mengurangi sakit kepala. “Cabe juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran kalori lebih baik,” urainya.

Cabe justru akan membantu buang air besar yang kadang-kadang sulit saat kita berpuasa karena aktifitas gerak dan minum yang relatif kurang, cabe dapat membantu melancarkan buang air besar.

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top