Aparatur Desa Wajib Pahami IT – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Sulawesi Tenggara

Aparatur Desa Wajib Pahami IT

kendaripos.fajar.co.id, KENDARI– Demi pembangunan desa yang berkelanjutan, pemerintah pusat sudah menggelontorkan dana yang cukup besar. Pengelolaan dana itu jelas bertumpu pada aparatur desa. Makanya kapasitas kepala desa dan aparaturnya harus terus ditingkatkan. Untuk itu Pemda Konawe menggelar bimbingan tehnis yang melibatkan perangkat desa se- Kabupaten otorita Kerry Saiful Konggoasa itu.

komp

Direktur Pusat Konsultasi Pemerintahan Daerah (PKPD), Amiruddin Muhammad mengatakan peningkatan kapasitas perangkat aparatur desa akan sangat didukung oleh pemahaman mereka terhadap IT. Sebab pelayanan prima sangat tergantung pada penataan administrasi desa, manajemen desa yang tertib. “Dana desa yang begitu besar jadi naif dan lucu sekali kalau pelayanan dilevel masyarakat desa tidak maksimal,” jelasnya usai memaparkan materi di Clarion Hotel pekan kemarin.

Dalam bimbingan tehnis itu 100 peserta utusan dari masing-masing desa diajarkan bagaimana memanfaatkan teknologi tepat guna agar menyederhanakan dan memudahkan seluruh dokumen kemasyarakatan yang dikeluarkan oleh perangkat desa. “Kami menyiapkan semua format dokumen dan surat-surat yang dibutuhkan misalnya data-data masyarakat, surat tanah, surat keterangan tidak bekerja dan masih banyak lagi, disana aparatur tinggal menginput datanya saja,” papar Amiruddin.

Lebih lanjut, dia berharap seluruh daerah di Sultra bisa mengikuti langkah positif dari Pemkab Konawe itu. Sejauh ini baru dua daerah yang melakukan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa. “Baru Muna dan Konawe, kami sudah menawarkan semua daerah tinggal menunggu umpan balik saja. Kami hanya memberikan pelatihan selama empat hari, dana pelatihan itu kan sudah include dalam dana desa, mestinya ini bisa dilakukan semua Pemda,” pendapatnya. (Ely)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top