Sudah Tarawih! Ramadan Mulai Senin, 6 Juni 2016 – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Sudah Tarawih! Ramadan Mulai Senin, 6 Juni 2016

 Menteri Agama Lukman Hakim (kanan), Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat KH.Maruf Amin saat memimpin sidang isbat di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Minggu (5/6). Foto : Ricardo/JPNN.com


Menteri Agama Lukman Hakim (kanan), Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat KH.Maruf Amin saat memimpin sidang isbat di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Minggu (5/6). Foto : Ricardo/JPNN.com

kendaripos.fajar.co.id,JAKARTA —Sejumlah jamaah masjid di Kota Kendari, diantaranya Masjid Agung Alkautsar, Masjid Alhikmah, masjid Nurul Falah, dll, langsung menggelar salat tarawih malam pertama sebagai pertanda mulainya bulan suci Ramadan 1437 Hijriyah. Demikian halnya di Masjid Istiqlal Jakarta dan masjid lainnya di Indonesia juga telah menggelar salat tarawih malam tadi.

Salat dilakukan sesaat setelah Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin mengumumkan bahwa, 1 Ramadan 1437 Hijriah jatuh pada Senin (6/6). Ketetapan itu diambil setelah pemerintah bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan sejumlah ormas Islam menggelar sidang isbat tertutup di Kantor Kementerian Agama, Minggu (5/6/2016).

“Seluruh peserta sidang isbat menyepakati pada malam hari ini kita sudah masuk Ramadan. Secara mufakat disepakati (Ramadan) tahun 1437 Hijriah akan dimulai besok hari Senin 6 Juni 2016,” ujar Lukman dalam konferensi pers di kantornya yang dipancarkan secara langsung oleh sejumlah media televisi di tanah air.

Menurut Lukman, penetapan diambil berdasarkan hisab dan rukyat. Untuk rukyat, ada sekitar 93 lokasi yang menjadi titik pengamatan.

Sedangan saat ditanya tentang alasan sidang isbat dilakukan tertutup, menteri asal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu mengatakan, hal itu merupakan masukan dari berbagai ormas Islam termasuk MUI. “Kami bersepakat yang dibutuhkan masyarakat adalah hasil sidang (isbat,red), bukan proses pembahasan dalam sidang isbat,” ujar Lukman.

Pihak yang hadir dalam sidang isbat kali ini antara lain Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin, Ketua Umum MUI KH Ma’ruf Amin, Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Ma’rifat Iman, serta sejumlah duta besar negara tetangga dan perwakilan ormas-ormas Islam seperti Nadhaltul Ulama (NU).(gir/jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top