Maskot Euro Mencerminkan Negara Tuan Rumah – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Olahraga

Maskot Euro Mencerminkan Negara Tuan Rumah

Trix & Flix, maskot Euro 2008. FOTO: Uefa.com

Trix & Flix, maskot Euro 2008. FOTO: Uefa.com

GELARAN Euro sudah dimulai sejak 1960. Tapi, maskot baru diperkenalkan pertama kali pada Euro 1980 di Italia. Ini setelah UEFA mengubah format kompetisi Euro dengan menggunakan sistem grup di putaran final dan digelar di satu negara.

Sebelum Super Victor, telah ada maskot-maskot yang unik dan menarik. Semuanya pasti menggambarkan ciri khas negara tuan rumah penyelenggaraan Euro.

Berikut ini maskot-maskot Euro sejak 1980. (epr/JPNN)

 

1980: Pinocchio
Pinokio merupakan dongeng tentang bocah kayu asal Italia yang dibuat oleh Geppeto. Di Euro 1980, sosok boneka kayu tetap ditonjolkan. Hidung Pinokio yang bisa memanjang dihiasi bendera Italia. Topi putih bertuliskan Europa 80 merujuk pada turnamen yang dilangsungkan.

 

1984: Peno 
Salah satu julukan timnas Prancis adalah Ayam Jantan. Hal tersebut ditonjolkan dari maskot Euro 1984. Peno memakai kostum timnas Prancis, lengkap dengan sepatu, bola, dan sarung tangan. Peno sendiri diambil dari bahasa gaul Prancis yang berarti penalti.

 

1988: Berni
Karikatur kelinci berwarna abu-abu ini diberi kostum sesuai dengan bendera Jerman. Kaus kaki kuning, celana merah, dan kaus hitam bertuliskan UEFA. Putih yang menjadi warna kostum Der Panzer ditunjukkan pada sarung tangan dan ikat kepala. Kata Berni diambil dari Berne, kota di Swiss, saat Jerman (Barat) juara Piala Dunia 1954.

 

1992: Rabbit 
Kelinci kembali menjadi maskot penyelenggaraan Euro pada 1992. Perubahan hanya terjadi pada warna kelinci dan kostum. Kelinci dengan menggunakan kostum Swedia ini menggambarkan sosok yang imajinatif, ceria, dan orisinal.

1996: Goaliath 
Singa merupakan representasi dari timnas Inggris. Mengikuti kesuksesan Willie saat menjadi maskot Piala Dunia 1996, Inggris berharap singa bernama Goaliath bisa menjadi keberuntungan The Three Lions. Seperti halnya tiga maskot sebelumnya, Goaliath juga mengenakan kostum negara tuan rumah.

 

2002: Benelucky
Benelucky merupakan singa yang memiliki ekor seperti setan. Warna rambut Benelucky merupakan simbol dari bendera negara tuan rumah, Belgia dan Belanda. Singa merupakan simbol dari asosiasi sepak bola Belanda, sedangkan setan diambil dari julukan timnas Belgia, Red Devils.

 

2004: Kinas 
Karikatur bocah bernama Kinas menjadi maskot Portugal 2004. Nama Kinas sendiri diambil dari julukan bendera Portugal, “Bandeira das Quinas”. Sosok Kinas digambarkan sebagai anak yang lincah dengan kemampuan luar biasa.

 

2008: Trix & Flix 
Sosok anak kembar ini merupakan maskot pertama dalam bentuk animasi. Rambut Trix dan Flix menggambarkan pengunungan Alpen yang menjadi ciri khas Austria dan Swiss, tuan rumah Euro 2008. Kelucuan keduanya juga ditonjolkan dalam kemampuan dalam menari.

 

2012: Slavek & Slavko
Slavek dan Slavko adalah dua remaja kembar. Keduanya dibedakan dari kostum dan warna rambut. Slavek menggunakan kostum Polandia berwarna putih-merah dengan angka 20 di bagian dada. Sementara Slavko memakai kostum kuning-biru Ukraina dengan angka 12 di bagian depan. Kedua angka itu jika disatukan menjadi tahun penyelenggaraan Piala Eropa kali ini.

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top