Sidang Istbat Penetapan Awal Ramadan Digelar Minggu Lusa – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Sidang Istbat Penetapan Awal Ramadan Digelar Minggu Lusa

Pemantauan posisi hilal

Pemantauan posisi hilal

JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang itsbat (penetapan) awal bulan Ramadan 1437H/2016M pada Minggu, 5 Juni 2016.

Sidang dilakukan di Kantor Kemenag, Jakarta, usai salat Magrib setelah masuk laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan di seluruh Indonesia.

”Sidang itsbat awal Ramadan tahun ini akan dilaksanakan pada Ahad, 5 Juni 2016 M di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta,” ujar gs. Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais-Binsyar) yang juga Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kemenag, Muhammadiyah Amin dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (2/6/2016).

Sidang itsbat akan dihadiri oleh perwakilan ormas-ormas Islam, serta para duta besar negara sahabat. Proses sidang diawali pemaparan posisi hilal menjelang awal Ramadan 1437H oleh tim  Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Menurutnya, Kemenag dalam penetapan awal Ramadan menunggu hasil Rukyatul Hilal yang dilaksanakan oleh Kemenag Provinsi dan Kabupaten/Kota, bekerjasama dengan Peradilan Agama dan ormas Islam serta instansi lain setempat.

”Hasil Rukyatul Hilal dan Data Hisab Posisi Hilal awal Ramadan 1437H akan dimusyawarahkan dalam sidang itsbat awal Ramadan untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Ramadan 1437H,” katanya.

Untuk Rukyatul Hilal tahun ini, lanjut Muhammadiyah Amin, Kemenag akan menurunkan sejumlah pemantau hilal Ramadan  di beberapa lokasi di seluruh provinsi Indonesia.

Di Aceh lokasinya di POB Tgk. Chiek Kuta Karang Lhoknga, Gunung Cring Crang, Pantai Krueng Geukuh, Pantai Suak Geudeubang, Pantai Lhok Keutapang, dan Pantai Teluk Dalam

Sementara, untuk Sumatera Utara, lokasi di atap Kantor Gubernur Sumut, Sorkam Tapanuli Tengah, dan Hotel Grand Marriot.

Muhammadiyah Amin menegaskan nantinya proses sidang itsbat berlangsung tertutup. “Sidangnya tertutup, sebagaimana itsbat tahun lalu. Hasilnya disampaikan secara terbuka dalam konferensi pers setelah sidang,” terangnya. 

Di Sultra, Hilal Dipantau dari Tanggetada

Penentuan penanggalan 1 Ramadan dalam 1437 Hijriah oleh pihak Kementerian Agama dilakukan dengan pengamatan hilal di Pantai Tanggetada, Kabupaten Kolaka. Tofografi pantai yang cukup bagus dan bisa melihat posisi bulan serta matahari membuat lokasi itu dipilih bersama tokoh umat Islam Sultra dalam membantu menganalisa jatuhnya 1 Ramadan itu. Pemantauannya akan dilaksanakan mulai Minggu (5/6/2016) hingga Senin (6/6/2016) nanti.

Humas Kementerian Agama Kota Kendari, Budhi Permana menjelaskan, pihaknya bersama Kanwil Kemenag Sultra, Institut Agama Islam Negeri Kendari, Majelis Ulama Indonesia dan Kemenag Kolaka akan melakukan pengamatan langsung posisi bulan dengan matahari dalam penentuan. “Hasil pemantauan akan diteruskan ke Kementerian Agama Republik Indonesia di Jakarta. Supaya menjadi salah satu bahan masukan dalam penentuan umat muslim menjalankan kewajiban puasa,” kata Budhi Permana saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Jika ada Ormas yang lebih dulu menetapkan waktu puasa, maka itu menjadi hak mereka. “Indonesia sudah dewasa dengan berbagai macam perbedaan yang ada, kita harus menghargai itu. Perbedaan adalah rahmat Tuhan yang harus kita lestarikan dan pelihara bersama-sama,” ujarnya. (kendaripos/jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top