Tahun ini, Pemekaran Koltim Ditargetkan Tuntas – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Tahun ini, Pemekaran Koltim Ditargetkan Tuntas

Wakil Bupati Konsel, Arsalim saat menyambut kehadiran komite pemekaran di Konda, pekan lalu.

Wakil Bupati Konsel, Arsalim saat menyambut kehadiran komite pemekaran di Konda, pekan lalu.

kendaripos.fajar.co.id, KENDARI Komite Pemekaran DOB dari DPD RI sudah menuntaskan rangkaian pemeriksaan kelayakan dan persiapan pemekaran Konawe Timur sebagai DOB baru di Sultra. Dalam kunjungan tim komite yang berlangsung pekan lalu pihak DPD RI telah menargetkan persiapan pemekaran tuntas tahun ini. Hal tersebut disampaikan oleh ketua Komite pemekaran, Beni Ramdani beberapa waktu lalu.

BACA JUGA :  Kampanye Damai Paslon Kada di Koltim Molor, Ini Penyebabnya

“Kita mulai bekerja 25 Agustus 2015 lalu  di saat pemerintah belum melakukan tahapan apapun. Nah persoalan kapan untuk Sultra untuk diputuskan DOB, kami target  tahun 2016, paling lambat awal 2017 itu versi DPD RI,” ungkap wakil ketua komisi DPD RI itu. .

Pemerintah, DPR, dan DPD kata dia memiliki kewenangan sejajar khususnya dalam pembahasan DOB ini. Sehingga, versi DPD Konawe Timur sudah layak terpisah dari daerah induk yakni Konawe Selatan. “Untuk Sultra sendiri tinggal memperbaiki administratif saja, tidak adalagi masalah yang sangat prinsip, dan tidak terlalu subtansi. Tinggal melakukan penyesuaian melalui peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah,” katanya.

BACA JUGA :  Kepala SKPD Koltim Jangan Pungli Proyek, Ini Ancaman Bupati

Sementara itu wakil Bupati Konsel, Dr Arsalim Arifin menyambut baik keseriusan DPD itu. Ia berharap Konawe Timur bisa menjadi urutan pertama yang dimekarkan tahun ini. Ditambahkannya, daerah persiapan Kabupaten Kontim memiliki 12 kecamatan, 160 desa dan 130 ribu jiwa untuk persiapan kabupaten Kontim.

Harapan itu diamini oleh ketua pemekaran Kontim, Prof Buyung Sarita SE, MS, P.Hd. Ia mengungkapkan sejauh ini pihak telah merampungkan persiapan pemekaran untuk kabupaten Kontim.  “Kajian akademik sudah kita sudah selesaikan, kemudian hearing di DPR Ri sudah, kemudian di DPD RI sudah, terakhir presentasi Gubenrur di Mendagri yang elah digelar bebera waktu lalu,” terangnya. (ely)

BACA JUGA :  Koltim Klaim Lengkapi Berkas DOB

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top