Presiden Undang Militer Malaysia dan Filipina Patroli Bersama – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Sulawesi Tenggara

Presiden Undang Militer Malaysia dan Filipina Patroli Bersama

kendaripos.fajar.co.id, JAKARTA- Upaya pembebasan 14 WNI dari penyanderaan kelompok militan Abu Sayyaf Filipina masih berlanjut. Di sisi lain, pemerintah Indonesia terus menggalang kerjasama antarnegara untuk mencegah pembajakan terulang kembali. Khususnya, dengan negara Malaysia dan Filipina yang perarirannya menjadi daerah operasi para perompak.

sayyaf

“Minggu ini kita akan undang panglima dan menteri Luar Negeri Malaysia, Panglima dan Menteri Luar Negeri Filipina, kita akan ketemu di sini (Istana Kepresidenan),” ujar Presiden Joko Widodo usai membuka rakor teknis Sensus Ekonomi 2016 di Istana Negara kemarin (26/4). Ketiga negara akan membuat patroli bersama untuk memastikan alur pelayaran di kawasan laut Sulawesi aman.

Jokowi mengatakan, lokasi penyanderaan berada di wilayah negara Filipina. Pemerintah, sebagaimana pula masyarakat Indonesia, ingin sandera segera bebas. Namun, harus disadari bahwa lokasi penyanderaan berada di negara lain.bila ingin masuk, maka harus ada izin dari otoritas setempat.

Bila ingin mengerahkan pasukan TNI, maka perlu izin dari pemerintah Filipina. Pemerintah Filipina pun harus mendapat persetujuan parlemen (untuk memberi izin TNI masuk). Hal itu diakui memang menyulitkan posisi Indonesia selaku negara asal para sandera. Karena itu, pihaknya menerapkan dua hal dalam upaya pembebasan sandera.

Selain berkomunikasi dengan pemerintah Filipina, juga melalui jaringan yang dimiliki pemerintah Indonesia. Untuk saat ini, baru bisa dipastikan bahwa ke-14 WNI tersebut dalam kondisi baik. Disinggung mengenai rencana pembayaran tebusan, Presiden dengan tegas menolak. “Kita tidak pernah berkompromi dengan hal-hal seperti itu, dan tidak ada urusan dengan minta uang,” tegasnya.  (byu/bil/mia)

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top