Tak Perlu Tunggu Lulus Sekolah, Buruan Pendaftaran SBMPTN Sudah Dibuka – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Aneka

Tak Perlu Tunggu Lulus Sekolah, Buruan Pendaftaran SBMPTN Sudah Dibuka

Laman resmi pendaftaran SBMPTN 2016. Foto: Capture www.sbmptn.ac.id

kendaripos.fajar.co.id, JAKARTA – Pendaftaran seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) 2016 dibuka mulai Senin (25/4/2016) hingga 20 Mei mendatang. Panitia SBM PTN 2016 berharap, siswa segera mendaftar tanpa harus menunggu keluarnya nilai ujian nasional (UN) 2016.

Merujuk jadwal yang sudah dikeluarkan Kementerian Kebudayaan Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemenbuddikdasmen), nilai UN 2016 baru akan diumumkan 7 Mei. Ketua Panitia SBM PTN 2016 Rochmat Wahab mengatakan, pendaftaran dan penilaian kelulusan SBM PTN tidak terpengaruh nilai rapor.

’’Kalau mau daftar, daftar saja. Sebaiknya menghindari penumpukan pendaftaran di akhir-akhir nanti,’’ katanya kemarin.

BACA JUGA :  Dukung Sertifikasi Guru, Dikbud-Kendari Pos Kerjasama

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu mengatakan hingga pukul 19.00 malam baru ada 9.073 pelamar permanen SBM PTN 2016. Disebut permanen karena mereka sudah membayar biaya pendaftaran SBM PTN sebesar Rp200.000 per orang.

Rochmat mengatakan dari total pelamar permanen SBM PTN 2015 itu, sebanyak 9.042 orang di antaranya sudah mencetak kartu peserta ujian tulis. Dia menjelaskan SBM PTN adalah saluran masuk PTN dengan basis ujian tulis. Sedangkan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) menggunakan kriteria nilai rapor untuk seleksinya.
Menurut Rochmat penilaian SBM PTN murni dihitung dari jawaban ujian tulis yang digelar 31 Mei nanti.

BACA JUGA :  TK Pembina Tanamkan Cinta Tanah Air Sejak Dini

Jadi dia meminta siswa tidak perlu menunggu untuk melihat nilai UN, baru mendaftar SBM PTN. Rochmat menjelaskan pelamar SBM PTN cukup membawa surat tanda lulus dari sekolahnya, ketika daftar ulang nanti. Jadi saat masa pendaftaran ini, pelamar tidak perlu menunjukkan bukti tamat SMA/sederajat.

Rochmat mengatakan optimis jumlah pelamar SBM PTN tahun ini bakal melampaui jumlah pendaftar tahun lalu. “Prediksi saya bakal ada peningkatan sekitar 5 persen lebih,’’ katanya. Dia menjelaskan tahun lalu jumlah pelamar SBM PTN tercatat sebanyak 693 ribuan orang. Sementara tahun ini dia memperkirakan SBM PTN bakal dilamar 725 ribuan orang.

BACA JUGA :  SMAN 1 Kendari Gelar Donor Darah

Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung Tri Hanggono Achmad menjelaskan pada prinspinya tidak ada perbedaan mencolok dalam penyelenggaraan SBM PTN. Hanya saja tahun ini panitia SBM PTN mulai menerapkan ujian tulis berbasis komputer (computer based test/CBT).

“Karena masih pertama, kami hanya menyediakan kuota SBM PTN model CBT untuk 2.500 pelamar saja,’’ jelasnya.

Dia mengatakan UNY mendapatkan alokasi CBT terbanyak dengan 200 peserta. Alasannya UNY sudah memiliki rekam jejak bagus dalam pelaksanaan ujian tertulis berbasis komputer. Di antaranya untuk seleksi CPNS baru dan sertifikasi guru.(wan/agm)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top