Ganti Rugi Kelar, Pembangunan Jembatan Bahteramas Bakal Mulus – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Metro Kendari

Ganti Rugi Kelar, Pembangunan Jembatan Bahteramas Bakal Mulus

kendaripos.fajar.co.id, KENDARI-Pembayaran ganti rugi bangunan dan tanah warga yang terkena imbas proyek pembangunan Jembatan Bahteramas telah masuk tahap akhir. Sebagian besar pemilik lahan yang sebelumnya menolak, kini telah mendapatkan kompensasi. Meskipun masih ada yang belum mendapatkan uang ganti rugi, namun bukan karena ada penolakan. Namun lebih pada persoalan administrasi yang harus dilengkapi.

20150130Ruko-Bongkar

Namun dalam waktu dekat, pemerintah belum akan melakukan pembongkaran. Beberapa warga meminta diberi tenggang waktu. Pasalnya, bangunan baru yang akan ditempati masih perlu pembenahan. Tapi waktunya tidak lama, sebab barang-barang berharga dan harta benda lainnya telah dipindahkan lebih dahulu. Makanya, pemerintah memberikan toleransi paling lambat tanggal 5 Mei.

“Hampir seluruh warga telah mendapatkan ganti rugi. Kemarin, ada 4 warga lagi yang dibayarkan. Namun bangunan belum bisa kami bongkar. Sebab masih banyak barang mereka di dalam gedung. Makanya, mereka minta waktu untuk berkemas-kemas. Apalagi ada beberapa warga yang bangunannya belum rampung,” beber Kepala Biro Administrasi Pemerintahan Setprov Sultra, Ali Akbar di ruang kerjanya.

Sebenarnya batas waktu yang diberikan pemerintah kata mantan Kabag Keuangan ini, hanya sampai tanggal 27 April. Itu sesuai surat peringatan ketiga yang dilayangkan pemerintah. Namun karena adanya permintaan warga, maka diundur hingga tanggal 5 Mei. Untuk memastikan hal itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya. Seperti Dinas Pekerjaan Umum (PU) terkait penggunaan alat berat dan Dinas Perhubungan (Dishub) menyangkut pengalihan arus.

“Pada tanggal 5 Mei, seluruh aktivitas di kawasan kota lama harus dihentikan. Ruko yang telah dibebaskan akan kita bongkar. Tidak ada lagi kata negosiasi. Sudah cukup lama, pemerintah melakukan pendekatan. Untuk itulah, warga yang belum menerima ganti rugi secepatnya berurusan dengan bendahara kami. Bila dokumennya sudah lengkap maka akan dibayarkan,” kata mantan Sekretaris Pengurus Dewan Korpri Sultra ini.

Meskipun pembayaran ganti rugi berjalan lancar sambung Ali Akbar, pihaknya tak menepis adanya upaya warga yang meminta negosiasi ulang. Namun pemerintah tetap dengan keputusannya. Dasar pembayaran ganti rugi sebagaimana hasil perhitungan tim dari Dinas PU. Sebab estimasinya sudah sesuai ketentuan dan mengacu pada Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) dan kesusutan bangunan.
(c/p15/p16/mal)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top