35 Persen Kematian di Indonesia karena Jantung Koroner – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Kesehatan

35 Persen Kematian di Indonesia karena Jantung Koroner

Olahraga teratur bisa mengurangi kemungkinan terserang jantung.

Olahraga teratur bisa mengurangi kemungkinan terserang jantung.

kendaripos.fajar.co.id, PENYAKIT jantung koroner juga dikenal dengan istilah penyakit jantung iskemik termasuk salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Sekitar 35 persen kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit jantung.

Menurut Federasi Jantung Dunia, angka kematian akibat penyakit jantung koroner di Asia Tenggara mencapai 1,8 juta kasus pada tahun 2014. Penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu pada orang dewasa di Amerika.

BACA JUGA :  Ini Bahaya Sering Lembur

Penyakit jantung, stroke, dan penyakit periferal arterial merupakan penyakit yang mematikan. Di seluruh dunia, jumlah penderita penyakit ini terus bertambah. Serangan jantung terutama disebabkan oleh penyakit jantung koroner.

Pada penyakit jantung koroner, sejenis lilin yang disebut plak terbentuk di bagian dalam arteri jantung. Hal ini disebut atherosclerosis. “Plak terbentuk dari kolesterol dan sel-sel lainnya. Jumlah plak meningkat perlahan-lahan dan membuat bagian dalam pembuluh darah menyempit,” kata dr Yenny Wulandari dari Rumah Sakit Islam Siti Hajar, Sidoarjo.

BACA JUGA :  Waspadai Keluhan Anak setelah Jatuh

Ada sedikit darah dapat mengalir melaluinya dan keping darah dapat menumpuk di depan plak dan membuat penggumpalan.  Jika penggumpalan pecah dan tersendat di bagian pembuluh darah yang menyempit, maka serangan jantung terjadi.

Kebanyakan penyakit jantung koroner, yang menyebabkan terjadinya serangan jantung dikarenakan perilaku dan gaya hidup penderita. Hal ini termasuk makan makanan tak sehat, tidak banyak bergerak, merokok dan minum terlalu banyak alkohol. (jpg)

BACA JUGA :  Inilah Khasiat Buah Tin

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top