Peringati Hari Bumi, Kendari Pos-Pemkot Tanam 3000 Pohon – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Metro Kendari

Peringati Hari Bumi, Kendari Pos-Pemkot Tanam 3000 Pohon

kendaripos.fajar.co.id, KENDRAI- Harian Kendari Pos bersama Pemerintah Kota Kendari memperingati Hari Bumi 2016 dengan cara istimewa. Sejak awal April lalu, dua instansi bersinergi menggalakkan Gerakan Kota Hijau. Sedikitnya 3.000 pohon dipersembahkan pada Hari Bumi sebagai investasi untuk udara bersih di masa mendatang.
Aksi akbar penanaman pohon digelar bertepatan dengan peringatan Hari Bumi, kemarin (22/4).

tanam2

Kegiatan tersebut dipusatkan di Kelurahan Baruga, Kecamatan Baruga, Kota Kendari. Seluruh elemen terlibat dalam aksi akbar tersebut. Tak hanya Kendari Pos dan Pemkot Kendari, hadir pula TNI, Polri, perguruan tinggi, perbankan, pegadaian, sekolah-sekolah, camat, lurah, BLH, dan Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman serta sejumlah masyarakat Kota Kendari.

Gerakan penyelamatan Bumi tersebut dihadiri Wakil Wali Kota Kendari Musadar Mappasomba, Sekot Kendari Alamsyah Lotunani, Rektor UHO Usman Rianse, Rektor IAIN Nur Alim, Kasrem 143 HO Letkol Inf Alamsyah, Dansat Brimobda Sultra Kombespol Kasero Manggoro, Kapolres Kendari AKBP Ilham Saparona. Selain itu, hadir pula Kepala Balai Benih Dinas Pertanian Sultra Hamzah S, Kadis Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Kota Kendari Hj Tin Farida, Kepala BLH Kota Kendari Rusnani, guru-guru serta ratusan pelajar dari berbagai jenjang pendidikan. Ada juga pimpinan pegadaian dan perbankan serta perusahaan-perusahaan swasta lainnya.

tanam1

Aksi penanaman yang bertema “Satu Pohon Sejuta Manfaat” tersebut dilakukan di sepanjang Jalan Boulevard dan Jalan Mayjen Katamso, Kelurahan Baruga, Kecamatan Baruga, Kota Kendari. Berbagai jenis tanaman yang dipersembahkan sebagai investasi oksigen masa depan ditanam dengan penuh semangat. Kendari Pos berharap, aksi tersebut dapat dilanjutkan oleh seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara, bukan hanya Kota Kendari.
Penanaman pohon telah dilakukan Kendari Pos bersama Pemkot Kendari sejak awal April 2016. Tiga pekan sebelumnya, 2.000 pohon sukses ditanam di beberapa ruas jalan tepatnya di Jalan Madusila (Poasia), Jalan Bunggasi (Anduonohu) dan Bungkutoko. Sebanyak 1.000 pohon ditanam pada puncak peringatan Hari Bumi, kemarin.

tanam3

Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengungkapkan, Pemkot bersama Kendari Pos punya visi yang sama untuk menjaga bumi dari segala ancaman bencana. Pekerjaan itu tidaklah mudah sehingga digagas dengan melibatkan semua stakeholder. “Kami juga ingin semua pengusaha bisa bersama-sama menghijaukan Kota Kendari dan Sulawesi Tenggara pada umumnya. Agar udara di daerah yang kita cintai ini tetap segar dan masyarakatnya sehat,” ungkap Irwan Zainuddin saat memberikan sambutannya.

Kegiatan itu, lanjut dia, diharapkan dapat membangkitkan semangat bagi pelajar untuk mencintai lingkungan. Meskipun diakuinya telah ada program adiwiyata, program itu bisa dimaknai lebih luas. “Ini akan kita jadikan momen awal untuk menggagas kegiatan lebih besar lagi. Menggerakkan hati banyak orang lagi untuk ikut berpartisipasi,” katanya.

Wakil Wali Kota Kendari, Musadar Mappasomba mengapresiasi ide brilian yang dicetuskan Kendari Pos. Menurut dia, kegiatan itu akan memberikan multiplier effect pada banyak pihak. Selain menghiasi jalan raya dengan pohon pelindung agar masyarakat merasa nyaman melintasinya, penanaman pohon juga berarti menginvestasikan udara segar untuk masyarakat mendatang. “Sesungguhnya, luar biasa investasi dari menanam pohon. Sebab oksigen yang dihasilkan oleh pohon dihitung sebagai sedekah kepada semua makhluk hidup. Jika ini kita tanamkan, maka tidak ada lagi yang menebang pohon sembarangan,” ungkapnya.

Pembangunan kota, kata pasangan Asrun ini, akan bergerak lebih cepat jika selalu terjadi kerja sama seperti antar lembaga. Dia mengimbau pada masyarakat yang tidak sempat berpartisipasi pada gerakan hijau itu, agar tidak membebani pemerintah dengan aksi-aksi negatif seperti merusak lingkungan. “Jika tidak bisa menanam pohon, maka jangan tangan kita merusak tanaman yang sudah ada,” tambahnya.

Gerakan penanaman pohon yang dilaksanakan Harian Kendari Pos tak hanya berhenti pada Hari Bumi itu. Namun, masih ada tindak lanjut penanaman pohon yang akan digelar pada beberapa lokasi di Kota Kendari ini. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top