2 Kapal Muat 70 Kubik Kayu Ilegal Diamankan di Perairan Kulisusu – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Hukum & Kriminal

2 Kapal Muat 70 Kubik Kayu Ilegal Diamankan di Perairan Kulisusu

kendaripos.fajar.co.id, KENDARI– Lagi lagi soal kayu ilegal. Seperti yang terjadi  kemarin (22/4) sekitar pukul 10.00 Wita, anggota Polair Polda Sultra menangkap 2 unit kapal di Perairan Kulisusu yang memuat 70 kubik kayu diduga ilegal dari Butur menuju Pulau Jawa. Kayu-kayu tersebut tidak dilengkapi dokumen resmi. Para nahkoda kapal pun tak mengantongi izin berlayar.

Ilustrasi

Ilustrasi

 

Kasubbid PID Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh yang ditemui kemarin menjelaskan, saat ini 2 unit kapal tersebut sudah diamankan anggota Polair dan sementara menuju Kendari. Belum ada satu tersangka pun yang ditetapkan dalam temuan tersebut. “Penetapan tersangka masih tunggu hasil pemeriksan dari Subdit Gakum Polair, sekaligus melakukan pemeriksaan terhadap pemilik kayu. Kayu-kayu itu diduga dari kawasan hutan lindung yang sengaja ditebang oleh mafia illegal logging. Kapalnya tanpa nama masing-masing memuat 35 kubik. Untuk saat ini masih dalam perjalanan menuju mako Polair. Nahkoda sudah diperiksa dua orang berinisial AA dan BS,” beber perwira polisi ini.

Jika kapal itu sudah tiba di Kendari, polisi akan melakukan lacak balak untuk membuktikan asal kayu tersebut. Nama pemilik kayu sudah dikantongi penyidik Polair dan setelah lacak balak akan dilakukan pemeriksaan. Jika terbukti menurut Dolfi, pemilik akan dijerat pasal 88 ayat 1 huruf b dan c serta pasal 14 huruf b dan c undang-undang RI nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan kerusakan hutan dengan ancaman pidana selama 5 tahun. “Secepatnya kita selidiki agar kasus ini ada tersangka dan bisa dilanjutkan ke kejaksaan,” tegasnya. (c/egy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top