Muat BBM Tanpa Dokumen, Kapal dan Nahkoda Diamankan – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Hukum & Kriminal

Muat BBM Tanpa Dokumen, Kapal dan Nahkoda Diamankan

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI-Aparat Direktorat Polair Polda Sultra kembali menyita bahan bakar minyak (BBM) jenis bensin sebanyak 400 liter tanpa dokumen niaga yang lengkap dari KM Abadi Jaya GT 7 yang melakukan pemuatan. Nahkoda kapal, Jufri pun ditetapkan sebagai tersangka. Sementara polisi belum mengetahui siapa pemilik 400 liter bensin tersebut.

Ilustrasi

Ilustrasi

Penangkapan KM Abadi Jaya dilakukan dalam sebuah operasi pada Rabu (20/4) sekitar pukul 06.30 Wita di perairan Teluk Kendari saat hendak menuju Pulau Salabangka, Sulawesi Tengah. Kapal tersebut juga diduga beroperasi tanpa memiliki atau dilengkapi surat persetujuan berlayar dari pihak syahbandar Kendari.

“Penangkapan ini dilakukan dalam rangka patroli pengamanan wilayah air. Bagi kapal-kapal yang bermasalah kami tindaki. Sebenarnya banyak kapal seperti ini, namun sering menghindar dan baru ini kami dapatkan. Patroli akan terus berlangsung,” tegas Kasi Penindakan Subdit Gakum Polair Polda Sultra, Kompol Muhammad Dong.

Saat ini Jufri diamankan dan dijerat pasal 323 ayat (1) junto pasal 219 ayat (1) subsider pasal 302 ayat (1) junto pasal 117 ayat (2) huruf c undang-undang RI nomor 17 tahun 2008 tentang pelayaran. Saat ini tersangka sementara menjalani proses pemeriksaan di penyidik Subdit Gakum guna melengkapi berkas tersangka yang akan dikirim ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra. “Ancaman hukuman 5 tahun penjara dengan denda Rp 600 juta,” tegasnya.
KM Abadi Jaya diketahui adalah kapal penumpang. Jufri mengungkapkan pihaknya hanya menerima muatan dari penumpang kapal. Ia tidak tahu menahu jika pemuatan BBM tanpa dokumen akan dikenakan hukuman. “Miliknya penumpang semua pak. Saya juga tidak tahu. Makanya untuk saat ini kami menunggu pemilik BBM itu,” tuturnya. (c/egy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top