Warga Punggaloba Bakal dapat 50 Unit Rumah – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Metro Kendari

Warga Punggaloba Bakal dapat 50 Unit Rumah

kendaripos.fajar.co.id, KENDARI– Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU-Pera) memprogramkan pembangunan perumahan khusus bagi warga. Tahun 2016 ini ada 50 unit rumah yang akan dibangun di Kota Kendari melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan diperuntukkan bagi masyarakat penghuni kawasan hutan lindung.

kemenpera ok

 

Anggota Komisi III DPRD Kota Kendari, Siti Nurhan R mengatakan, program perumahan tersebut sudah ada sejak tahun 2015. Hanya, realisasinya baru tahun 2016 ini. Dan bantuan tersebut khusus masyarakat yang tak memiliki lahan untuk membangun. Bantuan tersebut dibangun di Kelurahan Purirano, Kecamatan Kendari. “Jadi masyarakat yang mendiami kawasan hutan lindung di Puunggaloba akan dibangunkan rumah,” ujar Siti Nurhan R di ruang kerjanya, Senin (18/4).

Ia mengungkapkan, bantuan perumahan tersebut sebenarnya diperuntukkan bagi warga di Muna Barat. Namun karena Pemda tak bisa menyediakan lahan, maka pembangunannya dialihkan di metro ini. “Kita lakukan kordinasi dengan Pemkot. Sehingga pemerintah juga mampu membebaskan lahan. Syaratnya itu minimal 1 hektar untuk 50 unit rumah,” katanya.

Wanita berjilbab itu menegaskan setelah pembangunan selesai, masyarakat siap menghuninya secara gratis. Syaratnya, mereka tak boleh lagi beraktivitas di kawasan hutan lindung. Pihaknya juga masih mengusulkan pembangunan 191 unit rumah pada APBN Perubahan nanti. Pihak Dinas Tata Kota diharap segera mengajukan usulan proposal bantuan perumahan.

Hal itu juga diakui Wakil Ketua Komisi III, Laode Ashar. Menurutnya kunjungan mereka ke kementerian memang untuk mengawal proposal bantuan perumahan tersebut. “Sisanya akan di cukupkan pada tahun depan. Kebutuhan Kota Kendari sebanyak 230 unit,” timpal politisi Golkar itu.
(c/p11/p10)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top